SOLOPOS.COM - Atraksi barongsai memeriahkan perayaan Imlek 2022 di Stasiun Tawang, Kota Semarang, Selasa (1/2/2022). (Humas PT KAI Daops IV Semarang)

Solopos.com, SEMARANG — Ada pemandangan yang berbeda di Stasiun Tawang, Kota Semarang, Selasa (1/2/2022), atau bertepatan dengan hari libur Tahun Baru Imlek. Atraksi barongsai tersaji di Stasiun Tawang untuk menyambut para pelanggan kereta api.

Atraksi barongsai itu berlangsung selama 60 menit atau satu jam, sejak pukul 14.00 WIB. Tak hanya atraksi tarian tradisional Tionghoa yang menyambut kehadiran pelanggan kereta api, para petugas pun mengenakan baju tradisional cheongsam dan changsan guna menyapa pelanggan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pelanggan KA juga diberikan paket goodie bag yang menarik dalam menyambut perayaan Tahun Baru China atau Imlek 2022 di Stasiun Tawang, Semarang itu.

Baca juga: Ini 5 Wisata Menarik di Semarang Dekat Stasiun Tawang

“Sebanyak ratusan goodie bag berisikan cokelat koin dibagikan langsung oleh petugas yang mengenakan pakaian tradisional cheongsam dan changshan di Stasiun Tawang,” ujar Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Krisbiyantoro, dalam keterangan tertulis.

Kegiatan ini semakin meriah, dengan dilaksanakannya kuis interaktif kepada para pelanggan KA. Selain itu, PT KAI Daops IV Semarang juga memberikan kejutan berupa kue ulang tahun bagi pelanggan KA yang hari ulang tahunnya bertepatan dengan perayaan Imlek 2022.

“Dengan diselenggarakannya rangkaian kegiatan menyambut Tahun Baru Imlek ini, sebagai apresiasi kepada pelanggan dalam menggunakan kereta api sebagai moda transportasi andalannya,” ujar Krisbiyantoro.

Krisbiyantoro menambahkan pada masa libur Imlek 2022, PT KAI Daops IV Semarang mencatat rata-rata tiket terjual mencapai 34.037 tiket. Tiket sebanyak itu terjual selama periode 28 Januari – 1 Februari 2022. Jumlah ini terbilang meningkat sekitar 8,6% dibanding pekan sebelumnya, yakni tanggal 21-25 Januari, yang terjual mencapai 31.340 lembar.

Baca juga: Atraksi Barongsai Hibur Warga di Taman Sunan Jaga Kali Solo

Dalam menyambut libur Tahun Baru Imlek 2022 ini, KAI tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah persebaran Covid-19. Adapun upaya yang telah dilakukan, di antaranya memasang tanda untuk physical distancing di kursi tunggu dan lokasi antrean, menyediakan hand sanitizer atau wastafel portabel di titik-titik strategis, serta pemindai suhu tubuh.

Adapun rute favorit dalam perjalanan KA pada libur Tahun Baru Imlek 2022 ini adalah dari Semarang menuju Jakarta dan dari Semarang menuju Surabaya.

KAI mengingatkan agar seluruh pelanggan KA jarak jauh menunjukkan dokumen hasil negatif Covid-19 yang masih berlaku, yakni tes PCR H-3 maupun hasil rapid tes antigen H-1 sebelum keberangkatan.

“Jika tidak dapat menunjukkan dokumen tersebut maka pelanggan dapat mengajukan pembatalan tiket dengan bea administrasi sebesar 25 persen. Ketentuan ini berlaku mulai 27 Januari 2022,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya