SOLOPOS.COM - Pelatih Atletico Madrid Diego Simeone dan Real Madrid Carlo Ancelotti bersalaman. Ist/insidespanishfootnall.com

Atletico Madrid vs Real Madrid yang bertemu di leg pertama Liga Champions bakal menjadi ajang El Real menghapus kutukan.

Solopos.com, LONDON— Real Madrid tak pernah mampu menundukkan rival sekota mereka, Atletico Madrid, sejak final Liga Champions musim lalu. Apakah kali ini tim polesan Carlo Ancelotti bisa mematahkan kutukan tersebut ketika dipertemukan pada leg pertama babak perempat final Liga Champions di Vicente Calderon, Madrid, Rabu (15/4/2815) pukul 01.45 WIB?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Babak final Liga Champions musim lalu berlangsung dramatis.  Madrid sempat tertinggal gol pemain Atletico, Diego Godin. Namun, nasib Los Blancos, julukan Madrid, terselamatkan ketika Sergio Ramos mencetak gol penyama kedudukan pada injury time babak kedua, yang memaksa pertandingan dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu.  Madrid pun akhirnya menambah tiga gol, dan memastikan diri menang 4-1, serta mengklaim titel ke-10 mereka di Liga Champiosn (La Decima).

Namun sejak mendapat gelar La Decima, El Real seolah mendapat kutukan setiap bertemu rival sekotanya tersebut.  Bagaimana tidak, Cristiano Ronaldo dkk. tidak pernah menang dalam enam pertemuan melawan Atletico sejak pertandingan di Stadion Da Luz, Lisbon itu.

Enam duel tersebut terperinci dua laga di Piala Super Spanyol, dua pertandingan di Copa del Rey, dan dua partai di Liga Primera. Madrid dipaksa menelan kekalahan empat kali dan dua laga lain berakhir dengan skor imbang. Duel terakhir  bahkan memberi tamparan besar, ketika Gareth Bale cs. dipermalukan 0-4 di Vicente Calderon, pada Liga Primera, Februari silam.

Namun Madrid bakal melawat ke Vicente Calderon dengan semangat berlipat. Untuk kali pertamanya di musim ini, Ancelotti bisa mendapati 23 pemainnya dalam kondisi bisa dimainkan. Sejumlah pemain yang terkena sanksi dan cedera telah kembali.

Salah satunya, Gareth Bale, yang dinyatakan kembali fit 100 persen dari cedera otot yang memaksanya absen ketika Madrid menundukkan Eibar 3-0, akhir pekan lalu. Bale bisa kembali mengisi lini depan Madrid bersama Karim Benzema, plus Ronaldo yang mengemas 49 gol di semua kompetisi musim ini.

“Saya beruntung bisa mendapati semua pemain dalam kondisi bugar, karena untuk bermain dalam laga seperti ini kami harus memiliki senjata lengkap, dengan kualitas dan kecepatan serangan yang biasa kami tunjukkan. Saya ingin lihat tim bertarung sejak menit awal hingga akhir, dan mendominasi permainan. Saya pikir ini bukan masalah [skema] 4-4-2 atau 4-3-3, namun bagaimana bermain kompak, dengan sikap, personalitas, dan semangat,” jelas Ancelotti.

Kejeniusan Ancelotti dalam meramu taktik pun akan dipertaruhkan pada duel ini. Pria yang membawa AC Milan juara Liga Champions saat menjadi pemain dan pelatih tersebut akan beradu cerdik dengan entrenador Atletico, Diego Simeone.

“Tidak banyak yang harus dikatakan, dia pelatih hebat, dia mendemostrasikan semua aspek sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia, sebuah kehormatan melawan dia dan sekaligus sebuah masalah,” jelas Ancelotti.

Setali tiga uang, Los Rojiblancos, julukan Atletico, memiliki kepercayaan diri tinggi pada Derby Madrid kali ini. Pesta empat gol ke gawang Iker Casillas di Vicente Calderon, Februari lalu, memompa semangat Koke dkk. kembali menang. Fernando Torres cs. juga membawa modal tak terkalahkan dalam delapan pertandingan terakhir di semua kompetisi.

Atletico pun mendapatkan kabar baik. Penyerang Mario Madzukic dikabarkan kembali berlatih setelah mengelami cedera kaki kanan. Mandzukic yang mengoleksi 20 gol di musim ini, akan kembali ditandemkan dengan Antoine Griezmann di lini depan Los Rojiblancos.

Kombinasi gol kedua pemain ini telah mencapai 41 gol di semua kompetisi musim ini. Pertahanan rapat Atletico juga disebut-sebut akan menjadi kunci hasil di Vicente Calderon nanti.

“Kami harus benar-benar tangguh. Kami paham, jika kami tidak kebobolan satu gol, menang, maka itu akan mudah,” urai Griezmann, seperti dilansir Yahoosports. (Hanifah Kusumastuti/JIBI)

ATLETICO MADRID VS REAL MADRID
– Live SCTV, Rabu (15/4) Pukul 01.45 WIB
– Stadion: Vicente Calderon (Madrid)
– Wasit: Milorad Mazic (Serbia)

– Atletico Madrid (4-4-2)
– Pelatih: Diego Simeone (Argentina)
– Pemain: Oblak, Juanfran, Miranda, Godin, Gamez, Turan, Gabi, Tiago, Koke
Torres, Griezmann
– Cadangan: Gimenez, Jimenez, Cani, Moya, Guilherme Siqueira, Mario Suarez, Madzukic

– Real Madrid (4-3-3)
– Pelatih: Carlo Ancelotti (Italia)
– Pemain: Casillas, Carvajal, Ramos, Pepe, Marcelo, Modric, Kroos, James Rodriguez
Bale, Benzema, Ronaldo
– Cadangan: Navas, Arbeloa, Isco, Varane, Illarramendi, Hernandez, Khedira

Rekor Pertemuan Musim Ini
(Atletico tak terkalahkan dengan menang 4 kali, seri 2 kali)

7 Februari 2015                  Liga Primera                                         Atletico Madrid    4-0          Real Madrid
15 Januari 2015 Leg 2 Babak 16 Besar Copa del Rey            Real Madrid        2-2          Atletico Madrid
7 Januari 2015    Leg 1 Babak 16 Besar Copa del Rey           Atletico Madrid 2-0          Real Madrid
13 September 2014         Liga Primera                                          Real Madrid        1-2          Atletico Madrid
22 Agustus 2014                Leg 2 Piala Super Spanyol             Atletico Madrid 1-0          Real Madrid
19 Agustus 2014                Leg 1 Piala Super Spanyol             Real Madrid        1-1          Atletico Madrid

Sumber: Whoscored/Daily Mail. (hkt/JIBI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya