SOLOPOS.COM - Ilustrasi atlet renang. (freepik.com).

Solopos.com, SUKOHARJO – Cabang olahraga (cabor) renang asal Sukoharjo menjadi primadona dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jawa Tengah 2022 di Semarang, Selasa-Selasa (12-19/7/2022).

Hal itu dikarenakan salah satu atlet cabor renang dari SMA Kalam Kudus, Christabelle Angelina Susanto, menyabet tiga medali emas. Berkat prestasi itu, Angelina dinobatkan sebagai pemain terbaik dan peraih emas terbanyak dalam Popda Jateng 2022.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Secara keseluruhan dalam kompetisi tersebut, para atlet kontingen Sukoharjo meraih peringkat ke-12 usai menyabet 15 medali yakni tujuh emas, dua perak, dan enam perunggu dalam Popda Jateng 2022.

Peringkat tersebut merupakan capaian luar biasa karena naik sepuluh tingkat dibandingkan perolehan peringkat Popda Jateng pada 2021. Pada 2021 lalu para atlet Sukoharjo meraih peringkat ke-22 dengan 14 medali. Sementara tahun ini peringkat ke-12 dengan 15 medali.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Bidang Keolahragaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sukoharjo, Marwan, Kamis (22/7/2022).

Baca juga: SMPN 8 Solo Juara Sepak Takraw Popda

Anggaran Mepet

Marwan menambahkan, dalam kompetisi Popda Jateng 2022, dari 24 cabor, Sukoharjo hanya mengirimkan 16 cabor karena mepetnya anggaran. Sementara total kontingen Sukoharjo ada 84 orang yang terdiri atas 53 atlet dan 31 ofisial.

Marwan berharap ke depan ada penambahan anggaran agar atlet yang dikirimkan juga semakin banyak. “Jadi dari 24 itu baru 16 yang bisa kita ikuti. Potensi yang bisa kita gali ya cabor di luar 16 ini. Ketika menggali ini kan perlu pembiayaan. Harapan kami nanti ada pendanaan itu,” kata dia.

Soal anggaran untuk para atlet, kata Marwan, memang menjadi pekerjaan rumah (PR) Dispora. Namun, ia juga membutuhkan dukungan dari masyarakat Sukoharjo.

“Alangkah indahnya tahun-tahun berikutnya anggaran meningkat, otomatis prestasinya akan meningkat. Hanya di angka [anggaran] limit saja kita bisa 12 besar apalagi kalau dimaksimalkan. Luar biasa pasti,” kata dia optimistis.

Baca juga: POPDA SEPAK BOLA : SMPN 15 Solo Hattrick Juara

Sementara itu, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menyatakan dukungannya. Etik berharap para atlet dapat meningkatkan prestasi agar dapat membawa nama Sukoharjo lebih tersiar.

“Kami sebagai pemerintah, ibunya anak-anak mungkin nanti tetap kita support dan motivasi. Mangga tetap meningkatkan prestasi dan semangat sesuai dengan cabor masing-masing,” kata Etik.

“Mudah-mudahan nanti membawa nama Kabupaten Sukoharjo lebih tinggi dan ke depannya [para atlet] bisa menjadi aset kami,” tambah Etik saat ditemui usai membuka Festival Gamelan Sukoharjo, Kamis.

Baca juga: Kalahkan 3 Kabupaten, Ini Target Tim Sepak Bola Popda Solo Selanjutnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya