SOLOPOS.COM - Para atlet tengah berbelanja di salah satu gerai UMKM di Bandara. Event APG 2022 di Kota Solo, Jawa Tengah membawa rezeki bagi para pelaku bisnis UMKM. (Solopos.com/Aghniya Fitrisna)

Solopos.com, BOYOLALI — Sebanyak lebih dari 2.500 atlet dan official Asean Para Games (APG) XI Solo tahun 2022 mulai kembali ke negara asal, Minggu (7/8/2022).

Pantauan Solopos.com di Bandara Adi Soemarmo Solo di Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, rombongan atlet dan official APG Solo 2022 dari Brunei Darussalam telah lebih dulu bertolak ke negara asal menggunakan penerbangan domestik rute Solo-Cengkareng. Mereka akan melalui proses transit dan melanjutkan perjalanan ke Brunei Darussalam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Disusul, kontingen asal Filipina yang terbang menggunakan Philippine Airline menuju Manila pada Minggu pukul 08.15 WIB. Kontingen asal Thailand, Vietnam, Kamboja, Kuala Lumpur, Singapore, Myanmar, dan Timor Leste akan menyusul setelahnya.

PT Angkasa Pura I bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo kembali menghadirkan sajian seni tari Gambyong untuk menghibur para atlet dan official yang tengah menanti waktu keberangkatan ke negara masing-masing.

Beberapa atlet asal Thailand memanfaatkan momen tersebut untuk membagikan suvenir berupa pin dengan gambar bendera Thailand kepada personel PT Angkasa Pura I yang bertugas di Bandara Adi Soemarmo. Para atlet menyampaikan terima kasih terhadap pelayanan yang diberikan oleh Indonesia sebagai tuan rumah APG tahun 2022.

Baca Juga : Live Closing Ceremony ASEAN Para Games 2022 Dimeriahkan Ratusan Penari

Tak hanya itu, sejumlah atlet APG Solo 2022 tampak memanfaatkan waktu untuk berburu suvenir di Bandara Adi Soemarmo. Event Asean Para Games Solo tahun 2022 memberikan keberuntungan bagi para pelaku UMKM, khususnya yang ada di Bandara.

Salah satu karyawan gerai UMKM Abyakta mengaku berncama Kiky mengungkapkan penghasilan di gerai tempatnya bekerja itu meningkat karena penyelenggaraan APG Solo 2022. “Sejauh ini blangkon masih menjadi buah tangan favorit yang paling banyak dibeli. Kemudian pernak-pernik seperti gantungan kunci, topi bermotif batik, baru kemeja maupun kain batik,” tuturnya saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu.

Dia menjual blangkon Rp75.000. Kiky berharap akan ada lebih banyak kegiatan berskala internasional di Kota Solo sehingga dapat mendongkrak penjualan produk UMKM di Bandara Air Soemarmo Solo.

Sebelumnya, Closing Ceremony Asean Para Games 2022 telah dilaksanakan di Stadion Manahan Solo pada Sabtu (6/8/2022). Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menutup acara tersebut. Sejumlah penyanyi papan atas, seperti Andien, Yura Yunita, NDX AKA, Novia Bachmid, Delon turut memeriahkan acara penutupan event internasional APG Solo tahun 2022.

Sebagaimana diintip dari kanal YouTube Gibran TV, Minggu (7/8/2022), Jokowi menyampaikan apresiasi kepada para atlet yang telah sportif selama pertandingan APG Solo tahun 2022. Presiden Jokowi juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung acara tersebut. Pergelaran APG XII tahun 2023 akan diselenggarakan di Kamboja.

Baca Juga : Menjelang Closing Ceremony APG 2022, Indonesia Telah Patahkan Mitos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya