SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO–Kodim 0726/Sukoharjo akan membangun sumur dalam di Desa Jangglengan, Kecamatan Nguter, Sukoharjo.

Pembangunan itu merupakan salah satu program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dandim 0726/Sukoharjo, Letkol Inf Agus Adhy Darmawan mengatakan Desa Jangglengan sulit air saat warga kembali ke kampung halaman. Mengingat banyak warga menjadi kaum boro.

“Pengeboran sumur dalam dilakukan karena daerah sini sulit air,” ujar Dandim di sela-sela kegiatan pembukaan TMMD, Selasa (26/7/2022).

Dandim mengatakan selain pembuatan sumur dalam, juga menyasar pembangunan talut jalan dan rabat beton. Target sasaran pelaksanaan dilakukan sejak Selasa (26/7/2022) hingga Rabu (24/8/2022).

“Dalam TMMD ini kami mengerahkan pasukan dari Kodim 0726/Sukoharjo dibantu oleh warga masyarakat. Diharapkan sinergitas antara TNI dengan warga masyarakat yang solid. Semoga TMMD ini dapat diselesaikan tepat waktu,” jelas Dandim 0726/Sukoharjo.

Dandim menyatakan selain sasaran fisik, TMMD juga menyasar beberapa sasaran nonfisik, di antaranya penyuluhan kesehatan dan pencegahan stunting.

Kegiatan TMMD menggunakan anggaran senilai Rp661 juta yang berasal dari APBD Jateng senilai Rp251 juta, APBD Sukoharjo Rp400 juta, dan juga dana swadaya masyarakat senilai Rp10 juta.

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, mengatakan TMMD merupakan kekuatan luar biasa untuk memajukan desa. Hal itu lantaran dapat menggali dan mendayagunakan potensi, serta mengatasi berbagai isu atau persoalan terkini dengan solusi.

“Dengan adanya TMMD Sengkuyung Tahap II ini, hasil-hasil infrastruktur yang dibangun mudah-mudahan dapat meningkatkan kesejahteraan serta dapat meningkatkan ekonomi warga masyarakat,” jelas dia.

“Salah satunya membangun jalan usaha tani sepanjang 600 meter. Semula jalannya hanya tanah, lalu dicor. Diharapkan memudahkan pengangkutan hasil panen,” imbuh Etik.

Turut hadir dalam kegiatan Upacara Pembukaan TMMD, Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Kajari  Sukoharjo, Ketua Pengadilan Sukoharjo, Ketua DPRD Kabupaten Sukoharjo, Sekretaris Daerah Sukoharjo serta Wakil Bupati Sukoharjo serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Seusai pelaksanaan upacara, Bupati Sukoharjo beserta forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) dan rombongan menuju lokasi TMMD sasaran betonisasi untuk melaksakan peletakan batu pertama secara simbolis. Hal itu sebagai tanda dimulainya TMMD Sengkuyung Tahap II 2022 Kodim 0726/Sukoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya