;

Atasi Indonesia 3-0, India Cetak Sejarah Juara Piala Thomas

India untuk kali pertama dalam sejarah merebut Piala Thomas.
SHARE
Atasi Indonesia 3-0, India Cetak Sejarah Juara Piala Thomas
SOLOPOS.COM - Pebulu tangkis India menghampiri HS Prannoy setelah memastikan melangkah ke final Piala Thomas 2022 setelah menyingkirkan Denmark.(BWF)

Solopos.com, JAKARTA—Juara bertahan Indonesia di luar dugaan kalah telak 0-3 dari India pada partai final Piala Thomas di Impact Arena Bangkok, Thailand, Minggu (15/5/2022).

India pun merebut Piala Thomas untuk kali pertama dalam sejarah. India seperti dikutip dari Wikipedia,  kini sejajar dengan Jepang yang pernah merebut Piala Thomas pada 2014 dan Denmark pada 2016. Indonesia masih menjadi pengoleksi gelar terbanyak dengan 14 gelar, diikuti China 10, dan Malaysia 5.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Kemenangan India ditentukan Srikanth Kidambi yang mengalahkan Jonatan Christie. Jonatan Christie yang menjadi tunggal kedua sekaligus penentu Indonesia kalah 0-2 melawan Srikanth Kidambi 15-21 dan 21-23 dalam waktu 48 menit.

Baca Juga: Piala Thomas-Uber 2022: Ini Peringkat BWF Pemain Indonesia dan India

Indonesia sebelumnya tertinggal 0-2 atas India di final Piala Thomas 2022, setelah Kevin/Ahsan kalah. Poin kedua India disumbangkan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty seusai menekuk Kevin Sanjaya/Mohammad Ahsan.

Kevin/Ahsan kalah atas Satwiksairaj/Chirag dengan skor 21-18, 21-23, dan 21-19 dalam tempo 1 jam 19 menit.

Sebelumnya pada partai pertama, Indonesia tertinggal 0-1 setelah tunggal putra Lakhsya Sen menumbangkan Anthony Sinisuka Ginting. Ginting dikalahkan tunggal pertama India, Lakshya Sen, dalam pertandingan tiga game 21-8, 17-21, dan 16-21 dalam tempo 1 jam 5 menit.

Ekspedisi Energi 2022

Baca Juga: Mengenal S.G. Alan Thomas, Atlet Serba Bisa yang Prakarsai Piala Thomas

Indonesia sebenarnya menurunkan formasi pemain terbaik. Tiga tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting (ranking 5), Jonatan Christie (8), dan Shesar Hiren Rhustavito (24) tetap jadi andalan.

Di nomor ganda putra, Mohammad Ahsan kembali berpasangan dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo (1) tetap turun jadi ganda pertama dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (8) menjadi ganda kedua.

Sementara itu India memainkan tiga tunggal putra terbaiknya, Lakshya Sen (ranking 9), Kidambi Srikanth (11), Prannoy HS (23).

Baca Juga: Final Piala Thomas 2022: Indonesia Vs India, Saatnya Tambah Rekor Juara 

Namun, di sektor ganda ada perubahan pada ganda kedua yang menemani Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (7). Saat mengalahkan Denmark India menurunkan Krishna Prasad Garaga/Vishnuvardhan Goud Panjala (45) pada partai keempat. Namun, kali ini mereka memilih mengandalkan MR Arjun/Dhruv Kapila (38).

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago