SOLOPOS.COM - Orkes Keroncong (OK) Merah Putih asal Sondakan, Laweyan, Solo, tampil saat pertunjukan live music Keroncong Monumen Pers di depan gedung Monumen Pers Nasional, Jl. Gajah Mada, Solo, Minggu (3/7/2022) malam. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLOMonumen Pers Nasional menggelar pertunjukan langsung musik Keroncong Monpers di teras museum di Jl Gajah Mada, Solo, itu selama dua hari, Sabtu (2/7/2022) dan Minggu (3/7/2022). Pengisi acara hari Sabtu yakni Humardani dari UKM Musik ISI Solo.

Sementara pada hari Minggu diisi orkes keroncong Mutiara Putih dari Kelurahan Sondakan,Laweyan, Solo. Pranata Humas Monumen Pers Nasional, Lazuardi Pratama, mengatakan konsep live music keroncong ini adalah panggung masyarakat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Setiap orang yang melewatinya bisa langsung datang dan bergabung di teras Monumen Pers. Penonton tidak dipungut biaya sepeser pun untuk menikmati musik keroncong malam itu.

“Jadi konsepnya seperti panggung masyarakat, ada orang main musik, orang lewat mampir, beli makanan di wedangan dan nonton keroncong,” ucapnya saat dihubungi Solopos.com melalui telepon, Minggu (3/7/2022).

Ardi mengajak sekitar lima pedagang angkringan yang biasa berjualan di sekitar Stasiun Solo Balapan untuk meramaikan pertunjukan musik Keroncong Monpers Solo tersebut. Saat diajak, mereka antusias mau bergabung di acara malam itu.

Baca Juga: 90 Anak Ikuti Lomba Mewarnai di Monumen Pers Solo, Siapa Pemenangnya?

Ya jadi mereka kami ajak untuk jualan di sini [teras Monumen Pers] dan lumayan mereka jadi tambah laris, jadi mereka bisa sekalian makan sambil nonton keroncong,” ungkapnya.

Lagu-Lagu Lawas

Sekitar 100 orang yang hadir meramaikan acara keroncong selama dua hari di Monumen Pers Solo itu. Mayoritas penonton hari Sabtu, menurut Ardi, berasal dari kalangan mahasiswa. Sedangkan pada pertunjukan Keroncon Monpers di Solo pada Minggu mayoritas berasal dari kalangan paruh baya.

“Sekitar 100 [penonton] ya, kalau yang Sabtu kemarin yang ngisi dari Humardani ISI Solo, jadi yang datang kebanyakan mahasiswa. Hari ini [Minggu] sebenarnya juga ada tapi yang hari ini malah kebanyakan orang tua, karena yang ngisi kan dari senior,” ucapnya.

Baca Juga: Yuk, Nostalgia ke Pameran Foto Pesona Solo Tempoe Doeloe Monumen Pers

Pengisi acara membawakan lagu-lagu lawas dengan alunan musik keroncong. Mereka membawakan lagu seperti Bengawan Solo, Kota Solo,  hingga Mawar Biru.

Ardi mengatakan ini merupakan kali ketiga Keroncong Monpers atau Monumen Pers Solo digelar. Sebelumnya Sabtu (18/6/2022) juga digelar Keroncong Monpers.

“Jadi sebenarnya ini acaranya kali ketiga ya, yang pertama itu hari Sabtu [18/6/2022], kemarin dan hari ini. Dengan nama panggungnya Keroncong Monpers,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya