SOLOPOS.COM - Ratusan pecinta alam dari Jateng, DIY, Jatim, Jabar dan DKI Jakarta melakukan upacara bendera di Telogo Kuning (sebelah barat puncak gunung Lawu) Sabtu (17/8/2013). (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

KARANGANYAR — Upacara bendera memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia akan kembali digelar di puncak Gunung Lawu 2022, Rabu (17/8/2022). Upacara ini akan diikuti para pendaki.

Sudah dua tahun upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di Gunung Lawu tak digelar akibat pandemi Covid-19. Baru tahun ini kegiatan rutin tahunan itu akan digelar kembali oleh komunitas pendaki Anak Gunung Lawu (AGL).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Setelah dua tahun tidak diadakan, tahun ini akan diadakan lagi. Rencananya di Telaga Kuning dimulai pukul 08.30 WIB,” ujar salah satu panitia penyelenggara, Rimba Jati, Rabu (10/8/2022).

Karena itu ia mengajak semua pendaki yang hari itu naik ke Gunung Lawu agar mengikuti acara tersebut. “Harapan kami pendaki yang sedang naik Lawu saat itu ikut upacara semua. Bagaimana pun ini kan momen peringatan kemerdekaan,” ujar Rimba yang juga bertugas di Divisi Media dan Promosi AGL.

Baca Juga: Gunung Lawu Punya 5 Jalur Pendakian Loh, Ini yang Tercepat

Ia menambahkan, dalam rangkaian peringatah HUT RI ini akan diadakan pula kegiatan pungut sampah berhadiah. Ini berlaku bagi pendaki Gunung Lawu via jalur Cemara Kandang, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Teknisnya, pendaki turun gunung sambil membawa sampah yang dipungut di sepanjang perjalanan. Selanjutnya sampah di tukar dengan kupon berhadiah tertentu yang sudah disediakan AGL.

“Selain ada pungut sampah, nanti di sana kami juga akan memberikan adukasi tentang penanganan sampah. Karena sampah ini kan menjadi masalah yang ada sejak dulu,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya