SOLOPOS.COM - Suasana Plaza Kuliner yang berada di kawasan Nyi Ageng Rakit Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Rabu (15/12/2021). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATENPlaza kuliner di kawasan Taman Nyi Ageng Rakit Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, bakal diserahkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten. Seusai penyerahan, aktivitas kuliner bisa dibuka untuk umum.

Plaza Kuliner dibangun Pemprov Jawa Tengah di lahan sisi timur Rawa Jombor. Plaza kuliner berada satu kawasan dengan Taman Nyi Ageng Rakit. Pembangunan plaza kuliner untuk pemindahan tempat usaha warung apung seiring bergulirnya revitalisasi Rawa Jombor.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, Sri Nugroho, mengatakan serah terima aset Plaza Kuliner Taman Nyi Ageng Rakit kepada Pemkab Klaten dilakukan pada akhir pekan ini, Minggu (23/1/2022). Setelah serah terima, kegiatan kuliner di Plaza Kuliner Rawa Jombor mulai bergulir.

Baca Juga: Boyongan ke Plaza Kuliner, Pedagang Rawa Jombor Buka Lembaran Baru

“Sudah ada penyerahan kunci dari Disporapar [Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah] kepada pedagang,” kata Nugroho saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (18/1/2022).

Sekitar 17 pedagang siap menempati kios di plaza kuliner. Mereka sebelumnya para pengusaha warung apung serta pemancingan di Rawa Jombor. Sementara itu, total kios yang disediakan di plaza kuliner sekitar 28 unit.

Nugroho mengatakan pengenalan plaza kuliner bakal dilakukan. Salah satunya memanfaatkan panggung terbuka di Taman Nyi Ageng Rakit untuk kegiatan pentas seni dan budaya. Hanya saja, kegiatan tersebut untuk saat ini belum bisa digulirkan menyusul masih pandemi Covid-19.

Baca Juga: Pengusaha Warung Apung Rawa Jombor Tetap Diminta Tempati Plaza Kuliner

“Secara bertahap akan terus kami kenalkan ke masyarakat dan Rawa Jombor menjadi destinasi wisata andalan di Klaten,” jelas dia.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan plaza kuliner di Rawa Jombor bakal segera dimanfaatkan dalam bulan ini. Pemkab Klaten dan Pemprov Jateng bakal meluncurkan plaza kuliner di Rawa Jombor.

Sebelumnya, salah satu calon pedagang di plaza kuliner, Sarjono, 50, mengatakan sebelumnya dia membuka usaha pemancingan bernama Banyu Langit di Rawa Jombor sejak 2000. Seiring rencana revitalisasi Rawa Jombor, Sarjono membongkar pemancingan miliknya dan pindah usaha dengan membuka kuliner di plaza kuliner.

Baca Juga: Bakal Ada Plaza Kuliner, Jogging Track, hingga Jalur Sepeda di Rawa Jombor Klaten

Soal kuliner yang akan disajikan di plaza kuliner, Sarjono mengatakan tetap menyajikan kuliner yang selama ini identik dengan Rawa Jombor yakni aneka olahan ikan air tawar seperti nila, lele, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya