SOLOPOS.COM - Suasana Night Market Ngarsopuro Solo yang digelar untuk kali pertama sejak vakum karena pandemi Covid-19, Sabtu (9/4/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pasar malam atau Night Market Ngarsopuro Solo dipastikan tetap digelar pada Sabtu malam sebelum dan sesudah Lebaran. Hal itu untuk menyambut para pemudik di mana Kota Solo menjadi salah satu kota tujuan mudik di Jawa Tengah.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan 26,8 persen atau 21,3 juta orang akan menuju Provinsi Jawa Tengah pada masa mudik Lebaran 2022. Setelah sebelumnya vakum dua tahun karena pandemi Covid-19, Pemkot Solo kembali menghidupkan Night Market tersebut pada Sabtu (9/4/2022) lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hingga kini, pasar malam yang ikonik itu telah digelar tiga kali. Kepala Dinas Koperasi (Dinkop) Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Perindustrian Kota Solo, Wahyu Kristina, mengatakan Night Market Ngarsopuro tetap diadakan pada Masa Lebaran 2022 kali ini.

Jadwal tepatnya yakni Sabtu (30/4/2022) dan Sabtu (7/5/2022). “Ya, 30 April 2022, 7 Mei 2022,” kata Kristina melalui pesan Whatsapp kepada Solopos.com, Selasa.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara itu, Dinkop UKM Solo berharap penyelenggaraan Night Market Ngarsopuro bisa lebih baik lagi. Penataan maupun kerapian seusai acara diharapkan juga membaik. “Dari sisi penyelenggaraan semoga lebih baik, lebih rapi,” katanya.

Baca Juga: Ada Sejak 2009, Night Market Ngarsopuro Solo Pernah Buka 8 Hari Nonstop

Omzet acara yang digelar di sepanjang Jl Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Solo, itu cukup fantastis. Selama tiga kali digelar saat Ramadan 2022, omzet UMKM yang berpartisipasi selalu meningkat.

Omzet Naik Terus

Informasi yang diterima Solopos.com, omzet Night Market Ngarsopuro naik Rp14.248.000 pada pelaksanaan kali kedua, Sabtu (16/4/2022), menjadi Rp71.103.000. Terakhir, Sabtu (23/4/2022), omzet night market naik menjadi Rp88.117.000.

Dinkop UKM Solo memprediksi banyaknya pemudik yang masuk ke Kota Bengawan nantinya turut meramaikan event Pemkot Solo tersebut “Dari sisi omzet semoga terus meningkat. Apalagi prediksi sudah banyak pemudik yang masuk bisa turut menyemarakkan night market,” jelasnya.

Baca Juga: Sukses Besar! Night Market Ngarsopuro Solo Dilanjutkan Sabtu Depan

Namun saat ditanya apakah target omzet Night Market Ngarsopuro saat Lebaran mencapai Rp100 juta, Ina enggan menjawabnya. “Targetnya naik. Optimis. Pokoknya naik aja,” imbuhnya.

Tidak ada penambahan pedagang untuk berpartisipasi di Night Market Ngarsopuro untuk menghadapi Lebaran 2022 nanti. Hanya ada pedagang yang telah tergabung di Paguyuban Night Market Ngarsopuro.

“Tidak ada [penambahan]. Sesuai dengan anggota paguyuban,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya