SOLOPOS.COM - ilustrasi konser musik (JIBI/dok)

Solopos.com, SOLO — Kesuksesan Festival Solo International Performing Arts (SIPA) 2021 dengan penonton drive in awal Oktober lalu membuka angin segar bagi pentas dan konser serupa termasuk dari grup musik.

Panggung intimated seniman Keroncong, Endah Laras, dalam perayaan 25 tahun berkarya, Jumat (5/11/2021), juga berhasil terselenggara dengan lancar. Dua hari setelah itu, publik Solo kembali dihibur dengan penampilan anak muda dalam Solo Keroncong Festival (SKF) 2021 di Terminal Tirtonadi Convention Hall.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Para maestro keroncong seperti Waldjinah, Sundari Soekotjo, dan Sruti Respati ikut tampil. Acara berkonsep kolaborasi daring dan luring tersebut turut mendapat apresiasi Ditjen Kebudayaan Hilmar Farid yang datang membuka acara.

Setelah itu deretan agenda lain digelar yakni Konser Hari Pahlawan Tribute to Koes Plus Maestro Musik Indonesia di Auditorium RRI Solo, Rabu (10/11/2021). Kepala LPP RRI Surakarta, Arlin Setyaningsih, Rabu, mengatakan ini merupakan konser pertama selama pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kebakaran Pasar Klewer Solo Jadi Momen Paling Membekas di Benak Rudy

Mereka menghadirkan sejumlah bintang tamu seperti Neo Jibles, T’Koes Band, serta Nomo Koeswoyo. Sesuai arahan Satgas Covid-19 Solo, Arlin, mengatakan acara digelar terbatas dengan penonton maksimal 50% dari kapasitas gedung.

Mereka yang hadir wajib menerapkan protokol kesehatan ketat dimulai dari screening melalui PeduliLindungi. Acara tersebut dikolaborasikan dengan siaran langsung melalui Pro 1 RRI Surakarta, RRI Yogyakarta, Purwokerto dan RRI Semarang.

Konser Solois Pamungkas

Sementara itu dalam waktu dekat bakal ada konser tunggal solois Pamungkas akhir November. Dilansir dari akun Instagram pribadinya @Pamungkas, acara dalam tema Ngamen 0.2 tersebut digelar terbatas. Tiket laris manis tak berapa lama setelah penjualan dibuka.

Anggota Komunitas Sedulur Event Solo, Iyok Andriyanto, mengapresiasi kebijakan Pemkot Solo yang mengizinkan konser musik di Solo. Lampu hijau ini membuat sejumlah penyelenggara event bisa kembali bekerja.

Baca Juga: Istimewa! Ultah Tepat di Hari Pahlawan, Wawali Solo Dapat Kejutan

Selebihnya, ia memastikan tetap menggelar acara dengan terapkan Protokol Kesehatan (Prokes) seperti penonton wajib vaksin, memakai masker, dan menata jarak. “Kami tetap melaksanakan acara sesuai dengan regulasi pemerintah,” terangnya, Rabu.

Iyok menyebut sejumlag grup musik Ibu Kota juga mulai mengincar Solo untuk lokasi konser. Mereka mulai bertanya dan diskusi dengannya mengenai kemungkinan menggelar konser di Solo. Namun Iyok tak menyebut grup musik apa saja yang mulai mengincar Solo itu.

Tanggapan Penikmat Konser

Ia berharap kondisi ini terus membaik sehingga Solo kembali ramai dengan sejumlah konser dan event kesenian. Penyelenggara tentunya juga konsekuen dengan menegakkan protokol kesehatan saat acara.

Baca Juga: Pameran Foto di Pucangsawit Ungkap 4 Dekade Rudy Melayani Warga Solo

Salah satu penikmat konser musik di Solo, Nandia, mengaku lega mulai banyak jadwal pentas langsung di Solo. Tak mau menyia-nyiakan kesempatan, ia mulai berburu tiket konser di Solo sekitarnya.

Salah satunya yakni konser Ngamen 0.2 Pamungkas untuk akhir November ini. Sayangnya, ia kalah cepat sampai akhirnya tiket habis dan ia tak kebagian.

“Seneng banget sih dengan aturan baru ini. Dari dulu pengin liat konser Pamungkas, kepending pandemi dua tahun. Ini mau beli cepet banget habisnya. Sepertinya memang banyak yang pengin nonton juga. Semoga habis Pamungkas makin banyak yang mau pentas di Solo,” katanya, Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya