Asyik! BST Koridor 5 Sukoharjo Beroperasi Penuh per 17 Januari 2022

Pengumuman tentang BST koridor 5 yang melayani rute hingga Sukoharjo mulai beroperasi penuh mulai Senin (17/1/2022) ini terdapat di Instagram @temanbus_solo pada Minggu (16/1/2022). 
SHARE
Asyik! BST Koridor 5 Sukoharjo Beroperasi Penuh per 17 Januari 2022
SOLOPOS.COM - Bus Batik Solo Trans (BST) dan kru Koridor 6 saat peluncuran di halaman Balai Kota Solo, Kamis (30/12/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SUKOHARJO-Kabar gembira bagi masyarakat Sukoharjo lantaran Batik Solo Trans (BST) koridor 5 mulai beroperasi penuh pada Senin (17/1/2022). Bus ini melayani rute Kartasura-Tohudan-Solo-Bekonang-Sidan.

Pengumuman tentang BST koridor 5 yang melayani rute hingga Sukoharjo mulai beroperasi penuh mulai Senin (17/1/2022) ini terdapat di Instagram @temanbus_solo pada Minggu (16/1/2022).  Disebutkan pula ada total 23 unit bus melayani rute tersebut.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Beroperasi penuh dengan total 23 unit bus berdampak terhadap mempersingkat waktu headway atau waktu tunggu penumpang di halte BST koridor 5 yang melayani rute hingga Sukoharjo ini. Waktu tunggu penumpang hanya 8 menit, sementara sebelumnya waktu tunggu penumpang sekitar 20 menit.

“Kabar gembira untuk pengguna Batik Solo Trans di Sukoharjo. Mulai Senin 17 Januari 2022 koridor 5 dengan rute Kartasura-Tohudan-Solo-Bekonang-Sidan mulai beroperasi dengan total armada 23 unit bus. Dengan beroperasinya 23 unit bus tersebut akan mempersingkat waktu headway atau waktu tunggu penumpang di setiap halte menjadi 8 menit. Ayo naik angkutan umum!! Untuk bulan Januari masih gratis,” demikian bunyi pengumuman di Instagram @temanbus_solo seperti dikutip Solopos.com pada Minggu (16/1/2022).

Baca Juga: Diterjang Angin Kencang, Pohon Besar di Sukoharjo Tumbang

Kepala Dinas Perhubungan Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, mengatakan setelah launching BST koridor 5 dan 6 beberapa waktu lalu, terdapat kendala masih kurangnya unit bus yang beroperasi di koridor 5. Pasalnya di rute tersebut dari total kebutuhan 23 bus yang berjalan, baru dipenuhi sebanyak 10 unit bus. Namun kendala tersebut menurutnya sudah diselesaikan pada Minggu (16/1/2022) setelah adanya tambahan sebanyak 13 unit bus yang beroperasi di koridor 5.

“Saat launching kan ada kendala penganggaran untuk bus di koridor 5. Soalnya bus yang beroperasi di koridor tersebut baru semua. Akhir tahun kemarin, baru ada 10 unit yang beroperasi. Tapi per hari ini [16/1/2022] sudah dipenuhi semua. Sekarang ada total 23 bus yang beroperasi di koridor 5 untuk mengakomodasi mobilitas masyarakat,” ungkap dia kepada Solopos pada Minggu (16/1/2022).

Menurut Toni, penambahan unit bus BST membuat target frekuensi bus yang melayani masyarakat bisa dipenuhi. Dia mengatakan nantinya headway atau kedatangan bus BST koridor 5 bisa dipenuhi setiap delapan menit sekali.

Baca Juga: Pemkab Sukoharjo Evaluasi Besar-Besaran demi Dongkrak Peringkat SAKIP

“Untuk koridor 6 tidak ada perubahan sama sekali karena unit bus yang tersedia sudah mencukupi. Masih sebanyak 10 unit bus yang beroperasi di koridor enam. Perubahan hanya di koridor 5 saja untuk saat ini,” imbuh dia.

Terkait evaluasi selama beberapa waktu beroperasi, Toni mengatakan petugas Dishub Sukoharjo masih menganalisa kondisi lapangan dan masukan dari masyarakat. Beberapa perubahan nantinya akan melihat kondisi dan kebutuhan.

“Kami sampai saat ini belum ada kesimpulan terkait evaluasi. Melihat kondisi dan situasi yang berjalan tentunya apakah perlu ada penambahan halte, menggeser halte atau penambahan rambu nanti melihat kondisi selanjutnya,” papar dia.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago