Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Asyik! Bandara Purbalingga Layani Penerbangan Lagi

Bandara JB Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) kembali melayani penerbangan dengan rute Pondok Cabe-Purbalingga pergi pulang.
SHARE
Asyik! Bandara Purbalingga Layani Penerbangan Lagi
SOLOPOS.COM - Inagurasi penyambutan pendaratan perdana pesawat ATR 72-600 Wings Air di Bandara Jenderal Soedirman, Purbalingga, Jumat (5/8/2022), setelah menjalani penerbangan dari Bandara Pondok Cabe. (Solopos.com-Antara/Sumarwoto)

Solopos.com, PURBALINGGA – Setelah vakum selama hampir satu tahun akibat pandemi Covid-19, Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, kembali melayani penerbangan komersial. Bahkan, pada Jumat (5/8/2022), Bandara JB Soedirman telah melayani penerbangan perdana maskapai Wings Air dengan rute Pondok Cabe-Purbalingga pergi pulang.

“Hari ini [Jumat] merupakan hari yang kami tunggu-tunggu karena memang operasionalisasi Bandara Jenderal Besar Soedirman ini sudah lama kami nanti-nantikan,” kata Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Menurut dia, Bandara JB Soedirman Purbalingga dibuka dan diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2021. “Akan tetapi tidak lama setelah dibuka, dioperasionalkannya bandara ini, kita memang dilanda pandemi Covid-19 yang sangat luar biasa. Tentunya ini memberikan dampak terhadap persyaratan-persyaratan penerbangan yang memang agak ketat saat itu,” katanya.

Padahal saat awal operasional, kata dia, okupansi penumpang di Bandara JB Soedirman cukup tinggi karena bandara tersebut tidak hanya melayani masyarakat Purbalingga, tapi juga warga lain dari wilayah Jawa Tengah bagian selatan.

Dalam hal ini, okupansi penumpang yang memanfaatkan penerbangan dari Bandara JB Soedirman pada awal operasional berkisar 69-75 persen. “Jadi, ini relatif bagus, positif untuk sebuah bandara baru,” kata Bupati yang akrab disapa Tiwi itu.

Baca juga: Ganjar Optimistis Bandara Ngloram Bakal Ramai, Ini Sebabnya

Selain karena ketatnya persyaratan penerbangan, kata dia, operasional Bandara JB Soedirman sempat terhenti selama beberapa bulan karena pesawat jenis ATR 72 tujuan Jakarta hanya dilayani oleh Bandara Halim Perdanakusuma yang saat itu sedang menjalami revitalisasi dalam rangka menyambut momentum G20 Presidensi Indonesia.

“Alhamdulillah ada solusi karena Bandara Halim Perdanakusuma masih dalam tahapan revitalisasi, akhirnya Bapak Presiden menugaskan Bapak Menteri Perhubungan Republik Indonesia untuk menggunakan akses Bandara Pondok Cabe,” katanya.

Dengan demikian, kata dia, beberapa bandara seperti Bandara JB Soedirman Purbalingga dan Bandara Ngloram yang ada di Kabupaten Blora bisa kembali beroperasi.

Baca juga: Sepi Penumpang, Pengembangan Bandara JB Soedirman Purbalingga Ditunda

Sementara itu, Pelaksana Tugas Direktur Utama Wings Air, Captain Fitzgerald Julian Rachman, mengaku bersyukur karena penerbangan perdana Wings Air dari Bandara Pondok Cabai menuju Bandara JB Soedirman Purbalingga dapat dilaksanakan dengan aman dan selamat.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas koordinasi dan kerja sama yang dilakukan oleh semua pihak, sehingga penerbangan perdana dapat dilaksanakan pada Jumat ini. “Saat ini kami melayani penerbangan Pondok Cabe-Purbalingga kemudian Purbalingga-Pondok Cabe dan untuk sementara satu kali dalam sepekan,” ujarnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita
Part of Solopos.com
Punya akun? Silahkan login
Daftar sekarang...
Support - FaQ
Privacy Policy
Tentang Kami
Kontak Kami
Night Mode