SOLOPOS.COM - Kalak BPBD Karanganyar Bagoes Darmadi (tengah) menyerahkan dana bantuan kepada perwakilan kelompok sukarelawan di Markas BPBD Karanganyar, Senin (27/6/2022). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Enam kelompok sukarelawan tanggap bencana di Kabupaten Karanganyar mendapat bantuan dari Pemkab senilai total Rp240 juta. Bantuan tersebut digunakan untuk membeli perlengkapan kesukarelawanan dan kebencanaan.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Bagoes Darmadi, mengatakan bantuan tersebut diberikan berdasarkan pengajuan dari kelompok sukarelawan tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jadi pada 2021 ada enam kelompok sukarelawan yang mengajukan bantuan untuk pembelian perlengkapan kesukarelawanan dan kebencanaan kepada kami. Lalu kami ajukan melalui APBD dan disetujui sehingga kami salurkan,” ujarnya, Senin (27/6/2022).

Menurut Bagoes, masing-masing kelompok sukarelawan mengajukan bantuan dengan peruntukan berbeda-beda. Sehingga nilai yang diberikan antarkelompok sukarelawan pun berbeda-beda. Di antaranya untuk sarana-prasarana kebencanaan, pembuatan garasi mobil ambulans, dan sebagainya.

Baca Juga: Dengan Ambilin Badar, Cari Ambulans di Tawangmangu Jadi Mudah dan Cepat

Ia mengharapkan bantuan tersebut dimanfaatkan dengan baik serta mendorong semangat sukarelawan dalam menjalankan berbagai misi kemanusiaan.

Sementara itu, penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis di aula Markas BPBD Karanganyar di Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar, Senin.

Keenam kelompok sukarelawan tersebut di antaranya Relawan Ceto dari Kecamatan Jenawi, Relawan Potlot dari Kecamatan Tasikmadu, dan Relawan Ramah dari Kecamatan Tawangmangu. Kemudian  Relawan Realita dari Kecamatan Tawangmangu, Relawan Sejuk dari Kecamatan Jumantono, dan Relindo dari Kecamatan Jumantono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya