SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Keluarga Korban Tragedi Sukhoi Maut

JAKARTA–PT Tri Marga Rekatama, agen penjualan pesawat Sukhoi di Indonesia, masih melakukan negosiasi terkait besaran klaim asuransi untuk para korban kecelakaan pesawat tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sekarang kami masih rapat. Nanti jika sudah ada keputusan, akan kami informasikan,” ujar Sunaryo, konsultan bisnis Tri Marga Rekatama, Kamis (17/5) sore.

Sebelumnya, Sunaryo mengatakan akan membuka pembicaraan untuk menyesuaikan besaran klaim asuransi yang sesuai dengan Kemenhub No 77 tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Angkutan Udara.

Jika mengacu peraturan tersebut, ujarnya, maka setiap korban meninggal akan mendapatkan klaim asuransi senilai Rp1,2 miliar.

Awalnya, pihak Sukhoi menyatakan akan membayarkan klaim asuransi senilai US$50 ribu untuk setiap korban kecelakaan.

Namun begitu, ujar Sunaryo, perlu menjadi catatan bahwa kondisi yang tertera pada aturan tersebut untuk penumpang pesawat yang membayar tiket.

“Besok rencananya kami akan bertemu dengan mereka dan pihak asuransi. Menurut peraturan di Indonesia, setiap korban meninggal kecelakaan akan mendapatkan santunan asuransi Rp1,2 miliar. Ini akan saya sampaikan [ke pihak Sukhoi],” ujarnya.

Selain soal besaran, pihaknya juga akan membicarakan skema penyaluran klaim asuransi. Sebab hingga saat ini, dia belum mengetahui pasti prosedur pencairan klaim asuransi tersebut apakah akan dilakukan melalui asuransi asing kemudian kepada Trimarga lalu ke keluarga korban atau langsung dari Sukhoi ke Trimarga kemudian ke keluarga korban.

Sunaryo mengakui memang butuh waktu untuk membicarakan besaran dan proses pencairan asuransi kepada keluarga korban. Klaim asuransi, lanjutnya, akan dicairkan setelah seluruh proses, termasuk identifikasi jenazah, selesai.

Sukhoi merupakan perusahaan penerbangan utama di Rusia. Perusahaan ini tidak saja memproduksi jenis pesawat militer, melainkan juga pesawat komersial.

Adapun Sukhoi Superjet 100 (SSJ-100) merupakan pesawat penumpang kedua buatan Rusia yang mulai diproduksi pada 2007. (JIBI/aw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya