SOLOPOS.COM - Panen dengan mesin di sawah Desa Sidorejo, Wonoasri, Kabupaten Madiun, Rabu (7/10/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

Asuransi pertanian yang baru saja diumumkan OJK akan bisa terealisasi Januari 2016.

Solopos.com, SURABAYA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan program asuransi pertanian yang dicetuskan pada paket kebijakan ekonomi jilid III dapat dinikmati petani mulai Januari 2016. Pemerintah mengalokasikan dana Rp150 miliar yang merupakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad mengatakan sisitem proteksi terhadap tanaman petani tersebut mulai digodok pada tahun berjalan ini dan dapat dimanfaatkan pada awal tahun depan. Pada tahap awal, pemerintah baru mengalokasikan dana Rp150 miliar di tahap pertama untuk satu juta ha lahan pertanian padi.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan anggaran ini bertambah mengingat jumlah tersebut masih dinilai minim.
“Kita lihat dulu implementasinya pada tahun depan ketika asuransi ini mulai berjalan. Kalau berjalan lancar tentu akan ditambah anggarannya dan diteruskan modelnya,” ujarnya seusai rangakaian kongres Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia XIX di Surabaya, Jumat (9/10/2015). Dengan begitu, lahan yang dicover pemerintah bisa di atas satu juta ha.

Asuransi yang dirancang olek OJK bersama dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Keuangan ini akan menanggung lahan pertanian sebesar Rp6 juta per ha dengan premi Rp180.000 per ha. Adapun premi tersebut dirumuskan dengan skema subsidi sebesar 80% ditanggung oleh pemerintah sementara sisanya 20% ditanggung oleh petani. “Petani cukup membayar premi Rp30.000 saja, kecil kok,” ujarnya.

Muliaman menegaskan lahan pertanian padi yang nantinya tertanggung merupakan lahan gagal panen karena iklim. Artinya, asuransi tidak menanggung apabila gagal panen terjadi akibat kesalahan petani. Asuransi pertanian, lanjut dia, akan disalurkan melalui perusahaan asuransi yang yang sementara ini dinahkodai oleh PT Asuransi Jasa Indonesia.

Pengamat Ekonomi Pertanian Bustanul Arifin mengatakan asuransi pertanian merupakan terobosan inovatif di sektor pertanian. Kendati demikian, dia melihat masih ada beberapa garis besar yang harus diperhatikan.

“Terus terang itu adalah langkah awal yang masih sangat awal. Masih banyak hal yang harus dikerjakan agar asuransi tersebut dapat dinikmati secara maksimal dan tidak sia-sia,” katanya saat ditemui Bisnis/JIBI di kesempatan yang sama.

Menrutnya, OJK berserta pemerintah harus memanfaatkan akhir tahun ini untuk menyosialisasikan cara kerja asuransi pertanian. Penyebaran inovasi harus harus diarahkan dan dikelola. Pasalnya, kondisi di lapangan terkadang tidak sesuai dengan harapan. Paling tidak, setiap perusahaan asuransi di daerah memberi pemahaman kepada petani.

“Kami menanyakan ke petani terkait ini [asuransi pertanian]. Tapi apa kata petani? Mereka menjawab orangnya saja tidak diasuransikan masa tanamannya [diasuransikan],” jelasnya.

Menurutnya, agen asuransi harus mejelaskan secara detail bahwa premi asuransi mendapatkan subsidi sebesar 80%.
Langkah selanjutnya, ujar dia, OJK dan Jasindo harus menggandeng organisasi profesi seperti Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) dan Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi) untuk merumuskan masalah teknis terkait definisi gagal panen.

Nantinya kerja sama tersebut bisa menyeragamkan definisi gagal panen yang bisa ditanggung oleh asuransi . Menurutnya definisI gagal panen harus diharmoniskan dari tingkat pusat hingga daerah baik karena serangan hama, iklim maupun kesalahan teknis si petani. Pasalnya, hingga kini definisi gagal panen dinilai belum jelas.

Di samping itu, asuransi pertanian tidak bisa dianggap sebagai peraturan pusat, tetapi juga ke seluruh daerah.
Baginya, tahap awal asuransi pertanian tahun depan dapat dijadikan program acuan. Apabila berhasil, maka bisa ditetapkan sebagai program nasional yang diperkuat keputusan yang lebih tinggi seperti Peraturan Pemerintah (PP).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya