SOLOPOS.COM - Ilustrasi planet kesembilan. (Wikipedia)

Solopos.com, JAKARTA -- Planet kesembilan masih menjadi misteri dan bagi astronom hal itu menjadi hal yang menarik untuk dicari jawabannya. Mengutip Detikinet, Minggu (18/4/2021), Percival Lowell, seorang penulis perjalanan dan pebisnis di abad ke-19, memutuskan menjadi seorang astronom setelah suatu membaca sebuah buku tentang Planet Mars. Sejak itu, dia membuat sejumlah klaim liar terkait astronomi.

Dikutip dari BBC, salah satu adalah klaim liar Lowell adalah bahwa dia bertekad menemukan Planet Kesembilan di tata surya atau Planet X. Saat itu, planet ini dianggap bertanggung jawab atas melencengnya orbit planet-planet yang terletak jauh dari Matahari, Uranus, dan Neptunus.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Walaupun tidak pernah berhasil melihatnya, pencarian Planet Kesembilan telah menghabiskan sepuluh tahun terakhir hidupnya. Setelah beberapa kali mengalami gangguan mental, Lowell meninggal dunia di usia 61 tahun pada 12 November 1916. Yang tidak Lowell ketahui, pencarian planet itu masih berlanjut, dengan sedikit perubahan, hingga saat ini.

Baca Juga : Yuk Intip Wujud Kompleks Perumahan Manusia Di Planet Mars

Empat belas tahun kemudian, pada 18 Februari 1930, seorang astronom muda memandang dua foto langit bertabur bintang, ketika dia melihat sebuah titik di antaranya. Dia telah menemukan Pluto, yang pada saat itu kemudian dianggap sebagai Planet X yang misterius.

Sayangnya, Pluto bukan planet yang dicari Lowell. Pluto tidak cukup besar untuk bisa menarik Neptunus dan Uranus dari orbit mereka. Pluto hanyalah penyusup yang tidak disengaja, yang kebetulan berada di area itu.

Usaha pencarian Planet Kesembilan pun terus dilakukan. Berbagai penelitian sejauh ini menyimpulkan, planet ini memiliki 10 kali massa Bumi, serta lokasinya 20 kali lebih jauh dibanding jarak antara Matahari dengan Neptunus, yang merupakan planet terluar dalam sistem tata surya. Kemungkinan, suhu di planet tersebut sangat dingin.

Tidak Eksis

Namun bertahun-tahun sudah berlalu dan astronom belum mendapatkan satupun bukti gambar Planet Kesembilan tersebut. Diperkirakan seandainya pun planet ini ada, ukurannya kecil dan sangat jauh sehingga sukar terdeteksi.

Penelitian terbaru dari periset di University of Pennsylvania menyebutkan Planet Kesembilan kemungkinan tidak eksis. Survei seksama mereka memanfaatkan observatorium di Chile sama sekali tidak menemukan buktinya.

"Satu-satunya cara untuk membuktikan kalau planet itu tidak ada adalah mencari setiap sudut di langit dan tidak bisa menemukannya," kata ilmuwan dari University of Regina, Samantha Lawler.

Baca Juga : Bahasa Indian Navajo Dipakai Untuk Nama Cluster Batu Di Planet Mars

Teori lain pernah menyebut bahwa Planet Kesembilan itu tidak eksis melainkan sebenarnya lubang hitam kuno. Lubang hitam kuno adalah lubang hitam kecil yang menurut teori ilmuwan terbentuk dalam masa Big Bang atau awal alam semesta. Hanya waktu yang bisa menjawab, apakah pencarian di masa modern dengan teknologi yang lebih canggih akan lebih berhasil ketimbang pencarian Lowell.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya