SOLOPOS.COM - Aston Hotel Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Salah satu elemen penting dalam kehidupan adalah api, namun jumlah yang berlebihan berbahaya bagi sekitarnya. Oleh karena itu secara rutin Aston Solo Hotel mengadakan fire drill atau latihan pemadaman api yang diikuti oleh seluruh staf.

Fire drill dilaksanakan pada hari Rabu, 30 November 2021, berlokasi di rooftop Aston Solo Hotel. Latihan diawali dengan penjelasan teori mengenai jenis jenis api oleh Chief Engineering, Pardi. Setelah itu dilanjutkan dengan cara melepas segel tabung pemadam kebakaran atau fire extinguisher.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Para staf berkesempatan melakukan simulasi pemadaman api dengan berbagai cara. Yaitu prosedur memadamkan api menggunakan kain basah, fire extinguisher, dan menyemprotkan air.

Baca juga: Nikmatnya Bolu Tiwul, Sensasi Dessert Kekinian Ala Aston Solo Hotel

“Tujuan diadakannya training pemadaman api adalah agar karyawan paham dan dapat memposisikan diri apabila terjadi percikan api berlebihan di lingkungan hotel.” pungkas HRM Aston Solo Hotel, Harnita Cyndies, Rabu (2/12/2021).

Selain training fire drill yang telah dilakukan, Aston Solo Hotel juga membentuk ERT (Emergency Response Team). Bila dalam keseharian staf mengerjakan tugasnya masing masing seperti biasa, maka dalam keadaan darurat mereka berperan sebagai ERT. Di mana seluruh staf di setiap departemen dan shift memiliki peran untuk membantu dalam keadaan darurat.

Baca juga: Erick Thohir Ungkap 2 BUMN IPO dan 5 BUMN Rights Issue, Apa Saja?

Fire drill ini juga sebagai bentuk monitoring apakah seluruh staf dapat secara efektif melaksanakan tanggung jawabnya masing-masing dalam keadaan darurat. Serta mengevaluasi efektivitas dari prosedur evakuasi di Aston Solo Hotel.

Selain itu juga untuk mengetahui apakah seluruh sarana deteksi, alat pemadam api berfungsi dengan baik. Training Fire adalah training mandatory dari Archipelago International. Fire theory wajib diadakan empat kali dalam setahun, sedangkan Fire Drill wajib diadakan dua kali dalam setahun.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya