Asrama di Kudus Jadi Tempat Isolasi Covid-19
Solopos.com|jateng

Asrama di Kudus Jadi Tempat Isolasi Covid-19

Asrama Universitas Muhammadiyah Kudus alias Umku terpaksa digunakan untuk tempat pemusatan isolasi bagi warga yang terpapar Covid-19.

Solopos.com, JAKARTA — Asrama perguruan Muhammadiyah terpaksa digunakan untuk menanggulangi persebaran virus corona di Kudus, Jawa Tengah.  Pemerintah Kabupaten Kudus menjadikan asrama Universitas Muhammadiyah Kudus alias Umku sebagai pemusatan isolasi bagi warganya yang terpapar Covid-19.

Bupati Kudus Hartopo mengatakan bahwa pembukaan shelter tersebut sangat membantu program pemerintah daerah dalam penyediaan tempat pemusatan isolasi di dalam kota. "Atas nama pemerintah Kabupaten Kudus tentunya memberikan apresiasi sebesar-besarnya. Karena secara tidak langsung membantu kerja pemerintah daerah dalam pemusatan isolasi, khususnya pasien bergejala ringan," tuturnya dilansir dari laman resmi Pemkab Kudus, Minggu (20/6/2021).

Baca Juga: Peneliti Universitas Yale Temukan Virus Flu Tangkal Virus Corona

Hartopo menilai bahwa fasilitas yang disediakan sangat layak. Setiap kamar isolasi di fasilitas yang resminya bernama Pesantren Covid-19 Shelter MCCC Umku terdapat dua tepat tidur, kamar mandi dalam, tempat jemuran, dan fasilitas olahraga.

Sejak hari pertama dibuka, tenaga kesehatan dari RS Aisyiyah disiagakan untuk melakukan proses screening di asrama Covid-19 Kudus itu. "Di sini komplit satu kamar ada yang tiga bed atau dua bed semua kamar mandi dalam, dan fasliltas lainnya. Setiap mau masuk pasien akan di-screening lagi dengan tenaga kesehatan yang telah disiagakan," katanya.

Isolasi Sangat Penting

Lebih lanjut, Hartopo berharap inisiatif Umku dalam menyediakan tempat pemusatan isolasi dapat diikuti oleh universitas atau bahkan perusahaan lain di Kudus. Pasalnya, fungsi tempat isolasi sangat penting untuk mencegah terjadinya klaster keluarga yang saat ini sedang melonjak.

"Kalau tiap universitas dan pabrik bisa seperti ini, dapat sangat membantu pemerintah daerah. Shelter ini semoga bisa menjadi contoh bagi seluruh stakeholder," tuturnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago