SOLOPOS.COM - Santa Claus menyambangi rumah warga kristiani untuk membagikan kado kepada anak-anak di Kota Salatiga, Jateng, Jumat (22/12/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Solopos.com, SOLO — Bagaimana sih cerita sejarah atau asal-usul Santa Claus dalam perayaan Natal?

Sosok pria tua buncit berjenggot ini identik dengan perayaan Natal. Ia datang ke anak-anak sembari membagi-bagikan hadiah Natal.

Promosi Peneliti Harvard Ungkap Peran BRI Dorong Inklusi Keuangan lewat Digitalisasi

Dia juga identik dengan kereta kuda dan jubah berwarna merahnya. Sosoknya yang baik hati begitu melekat di benak anak-anak.

Baca Juga: Ucapan Tahun Baru 2022 yang Romantis untuk Pacar

Ekspedisi Mudik 2024

Terlepas dari itu, bagaimana asal-usul Santa Claus dalam perayaan Natal?

Dikutip dari Inews.id, Santa Claus merupakan sosok yang terinspirasi dari kisah seorang pria bernama Saint Nicholas dari Belanda.

Baca Juga:  Profil Miftachul Akhyar, Rais Aam PBNU Terpilih di Muktamar ke-34 NU

St Nicholas dikenal sebagai seorang pria baik hati dan memberi hadiah kepada anak-anak. Ia begitu terkenal karena aksinya berkeliling dunia untuk membantu anak kecil yang membutuhkan bantuan dan memberikan hadiah.

Asal usul Santa Claus bermula dari sini hingga kisahnya terdengar hingga Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam itu, nama St Nicholas diubah menjadi Santa Claus agar mudah untuk diingat.

Baca Juga: Sempat Disinggung Jokowi, Apa Itu Metaverse?

Sosok Santa Claus juga tak bisa terlepaskan dari rusa kesembilannya yang bernama Rudolph. Dahulu diceritakan Rudolph merupakan rusa kecil yang memiliki hidung merah sehingga ia kerap dijauhkan oleh kelompok rusa lainnya. Namun, dengan keunikannya itu, Rudolph terkenal dan menjadi rusa kesayangan Santa Claus. Kini Rudolph menjadi salah satu tokoh terkenal yang bisa ditemukan di seluruh dunia pada saat perayaan Natal.

Setelah mengetahui asal-usul Santa Claus, adakah yang tahu alasan kenapa baju Santa Claus berwarna merah?

Baca Juga: Deretan Tempat Wisata di Sragen: Ada yang Jarang Diketahui Orang

Dikutip dari Jeda.id, berdasarkan cerita dari mulut ke mulut, busana merah yang dipakai Santa Claus awalnya merupakan upaya pemasaran minuman bersoda Coca-Cola untuk mengenalkan produk mereka.

Kemiripan mereka awalnya diragukan, namun sekarang cukup banyak orang percaya kalau busana Santa Claus memang terpengaruh langsung dari brand tersebut.

Baca Juga: Kisah Misteri Pesantren Jin di Sragen, Ada Asrama Gaibnya Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya