SOLOPOS.COM - Gardu pandang di Pantai Logending/ Ayah berbentuk perahu (Instagram/@purwanto.sidik)

Solopos.com, KEBUMEN — Pantai Ayah merupakan salah satu destinasi wisata alam di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Objek wisata ini juga dikenal dengan nama Pantai Logending. Namun karena lokasinya berada di Kecamatan Ayah, maka pantai ini lebih terkenal dengan nama Pantai Ayah.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Selasa (10/5/2022), karena berada di garis pantai yang sama dengan pantai selatan, Pantai Ayah ini dipercaya memiliki keterkaitan dengan mitos Nyi Roro Kidul.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Keterkaitan dengan mitos Nyi Roro Kidul ini dilihat dari peninggalan berupa bebatuan yang ada di pantai tersebut yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai batu keramat dan berbau mistis.

Bahkan, salah satu batu karang yang ada di pantai tersebut dipercaya sebagai pintu gerbang menuju kerajaan gaib Nyi Roro Kidul. Jika dilihat dari kejauhan, batu karang itu terlihat seperti seekor beruang yang sedang minum air laut.

Sementara itu, menurut fakta sejarah, penamaan Logending pada pantai ini diambil dari nama hutan wisata yang letaknya tidak jauh dari pantai tersebut. Dulunya, kawasan hutan tersebut digunakan oleh pemerintah Hindia Belanda sebagai tempat pengawasan dan pos untuk para tentara yang berjaga.

Baca juga: Waduk Sempor, Spot Wisata Eksotis di Kebumen

Pada masa revolusi, sekitar tahun 1948 hingga 1950, digunakan sebagai tempat persembunyian pejuang militer untuk mempertahan wilayah tersebut. Hal itu dibuktikan dengan adanya benteng peninggalan di dekat lokasi tersebut.

Keunikan Pantai Ayah

Selain menawarkan panorama yang indah, ada hal lain yang juga tidak kalah menarik dari Pantai Ayah Kebumen, yaitu keberadaan pohon Mahoni Afrika. Tanaman yang termasuk langka tersebut tumbuh di hutan wisata Logending.

Keberadaan pohon tersebut telah menarik peneliti dari berbagai negara untuk melakukan penelitian di lokasi Pantai Ayah, tepatnya di Hutan Logending.

Baca juga: Meriah! Begini Jalannya Tradisi Larungan Kepala Kerbau di Jepara

Ada juga muara yang menjadi pemisah antara Kabupaten Kebumen dan Kabupaten CIilacap. Pengunjung juga bisa menyusuri muara tersebut dengan menyewa perahu. Selain itu juga terdapat hutan Mangrove yang keindahan dan keasriannya bisa ditelusuri oleh pengunjung.

Lokasi Pantai Ayah ini berada sejauh 53 km dari pusat Kota Kebumen dan sekitar 8 km dari Objek Wisata Gua Jatijajar. Pantai ini juga mudah diakses dari arah Yogyakarta dengan menempuh jalur selatan ke arah Kecamatan Gombong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya