Asal Usul Kalimati Sukoharjo, yang Mitosnya Ada Pernikahan Gaib

Bagaimana cerita asal usul Kalimati di Grogol, Sukoharjo, yang terdapat mitos pernikahan gaib antara sundel bolong dengan seorang kakek?
Asal Usul Kalimati Sukoharjo, yang Mitosnya Ada Pernikahan Gaib
SOLOPOS.COM - Kondisi Kalimati yang direncanakan disulap menjadi lokasi wisata kuliner air, Sabtu (25/1/2020). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Bagaimana asal usul kemunculan Kalimati yang berada di Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah?

PromosiMenanti Transformasi Balap Liar Menuju Tontonan Menarik dan Menghibur

Dikisah oleh pengelola akun Instagram @misterisolo, dahulu hidup seorang kakek di daerah ini yang disebut-sebut mempunyai kesaktian di luar nalar.

Kakek ini merupakan abdi keraton yang konon katanya menikah dengan makhluk halus sundel bolong. “Beberapa ajian yang mustahil untuk dimiliki berhasil beliau kuasai. Dari ilmu langkah secepat angin agar bisa sampai ke tempat tujuan dengan cepat hingga jiwanya yang bisa keluar dan kembali lagi ketika tugasnya selesai,” ungkap pengelola akun Instagram @misterisolo.

Baca Juga: Sempat Ditolak di Mana-mana, Akhirnya Tugu Lilin Dibangun di Solo

Semasa hidupnya kakek tersebut berwasiat kepada masyarakat agar anak Sungai Bengawan Solo yang ada di desa untuk tidak dimatikan atau dibendung, Menurut mitos yang beredar, hal ini dimaksudkan agar anak kakek dari pernikahan gaib tersebut bisa betah tinggal di situ. Nah, dari sini asal usul Kalimati Sukoharjo bermula.

Tetapi, wasiat kakek tersebut dilanggar oleh warga tersebut. Hal ini dikarenakan kondisi dan keadaan lingkungan yang tidak memungkinkan.

Baca Juga: Tayang Nanti Malam, Bocoran Layangan Putus Episode 9: Surat dari Raya

“Tak lama setelah sungai dimatikan, sang kakek meninggal. Dan entah mengapa di waktu yang berdekatan ada tiga orang dengan umur yang sama dengan sang kakek ikut menghembuskan nafasnya,” tambah dia.

Dari cerita asal usul Kalimati Sukoharjo tersebut, muncul mitos lagi di mana orang meninggal yang bakal disusul tiga orang seumuran lainnya. Mitos tersebut masih terdengar hingga sekarang. “Kadang beberapa sesepuh desa yang mengetahui legenda ini menyempatkan mampir berdoa ke makam sang kakek sakti jika ada kematian penduduk setempat,” tulis pengelola akun Instagram @misterisolo.

Baca Juga:  Sebenarnya di Mana Letak Titik Tengah Pulau Jawa? 

Sebagai informasi, Kalimati merupakan salah spot memancing yang populer di Kabupaten Jamu. Apalagi di sini terkenal dengan ikan gabusnya yang mudah diperoleh.

Baca Juga:  Spesifikasi Tol Solo-Jogja, yang Pangkas Waktu Perjalanan Jadi 20 Menit


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago