Asal Mula dan 10 Macam Sandwich Terpopuler di Dunia, Kamu Suka Mana?

Sandwich atau roti lapis merupakan jenis hidangan yang dikenal praktis dan menjadi menu makan siang favorit khususnya bagi warga Amerika Serikat.
SHARE
Asal Mula dan 10 Macam Sandwich Terpopuler di Dunia, Kamu Suka Mana?
SOLOPOS.COM - Sandwich tomat keju (Boldsky.com)

Solopos.com, JAKARTA--Sandwich atau roti lapis merupakan jenis hidangan yang dikenal praktis dan menjadi menu makan siang favorit khususnya bagi warga Amerika Serikat.

Menurut survei yang dilakukan oleh Food Surveys Research Group, sebanyak 47 persen orang dewasa di Amerika Serikat setidaknya mengonsumsi sandwich sebanyak satu atau lebih setiap harinya.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Hal itu menunjukkan popularitas sandwich mengingat roti lapis ini merupakan makanan yang mudah dibuat di rumah atau didapatkan di gerai-gerai makanan cepat saji.

Di Indonesia, sandwich menjadi salah satu makanan favorit untuk sarapan, sebagai bekal, ataupun teman minum teh. Selain praktis dengan isian yang mudah diganti sesuka hati, sandwich juga memiliki fakta menarik lainnya.

Tidak Menggunakan Alat Makan

Menurut siaran pers Skippy, John Montague adalah orang yang menciptakan sandwich pada  1762. John Montague merupakan pemimpin Angkatan Laut Inggris di pertengahan abad ke-18 bergelar Earl of Sandwich IV.

Konon, Montague yang hobi berjudi menginginkan makanan yang dapat dinikmati tanpa perlu bangun dari tempat duduknya dan menghentikan perjudian, di mana makanan tersebut memungkinkan Montague untuk tidak menggunakan alat makan maupun mengotori jari-jarinya.

Berulang kali Montague meminta pelayan untuk membawa irisan daging yang dilapisi dua lembar roti. Kebiasaan Sandwich tersebut kian dikenal oleh para rekannya yang akhirnya menyebut kudapan roti lapis yang dimakannya sebagai sandwich.

Selain itu, beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 1778, kapten dan penjelajah asal Inggris James Cook menemukan sekelompok pulau di tengah Samudra Pasifik yang ia beri nama Pulau Sandwich.

Gemar Tidur Di Lantai, Waspadai Beragam Risiko Penyakitnya

Nama tersebut diberikan oleh Cook sebagai penghormatan kepada Montague: diambil dari gelarnya, Earl of Sandwich. Pulau tersebut kini dikenal dengan nama Pulau Hawaii

World Sandwich Day atau Hari Sandwich Sedunia ditetapkan setiap tanggal 3 November, di mana orang-orang merayakannya dengan mengonsumsi sandwich. Bahkan di Amerika Serikat, Hari Sandwich adalah waktu dimana sandwich menjadi utama saat sarapan, makan siang, dan makan malam, dengan berbagai macam menu sandwich.

Bagi warga Amerika Serikat, Hari Sandwich merupakan waktu yang tepat untuk menciptakan menu-menu sandwich yang baru.

Beda Negara Beda Nama

Setiap negara memiliki variasi bentuk, bahan, rasa hingga nama yang berbeda. Aplikasi pemesanan makanan online foodpanda mengumpulkan sepuluh ragam sandwich populer dari berbagai negara beserta serba-serbinya seperti dilansir dari Antaranews, Kamis (12/11/2020).

1. India: Vada Pav

Sandwich ala India berupa hamburger sayuran pedas dilengkapi dengan chutney yang terbuat dari kelapa parut, tamarind pulp, dan bawang putih.

Awalnya Vada Pav dianggap sebagai makanan bagi orang-orang tidak mampu karena proses pembuatannya dinilai sangat murah. Namun, dengan cepat makanan yang satu ini terdengar ke lingkup nasional dan kini menjadi salah satu makanan siap saji favorit di India yang juga disajikan di hotel-hotel istimewa.

2. Malaysia: Roti John

Dilihat sekilas sandwich yang satu ini seperti omellete sandwichon a baguette.  Bedanya, makanan yang dapat ditemukan di Malaysia, Brunei dan Singapura ini dapat diisi dengan bahan lainnya, seperti daging cincang (ayam atau daging kambing), bawang merah, dan sarden. Saus tomat dan cabai melengkapi rasa roti john.

3. Vietnam: Bánh mì

Banh mi berisi mayo, ketumbar, bawang putih, kecap ikan, mentimun dan wortel. Isian roti ini juga dapat ditambahkan dengan tofu goreng maupun ham sesuai selera pemakannya.

Kabarnya roti ini ditemukan di Vietnam pada awal abad ke-20 oleh Le Vo. Setelah melarikan diri dari perang pada 1972, ia mendarat di San Jose, CA dan membuka Ba Le Bakery hingga akhirnya membuat makanan favorit ini.

Merokok Picu Risiko Covid-19, Ini Penjelasan Ahli

4. Jepang: Katsu-sando

Katsu-sando adalah roti lapis putih berisi daging yang digoreng dengan balutan tepung roti ditambah kubis. Katsu-sando diciptakan pertama kali di Tokyo pada 1899 dari sebuah restoran bernama Rengatei. Sandwich ini awalnya dianggap sebagai jenis yoshoku, sebutan untuk hidangan barat dengan cita rasa pengaruh lokal.

5. Amerika Serikat

BLT adalah singkatan dari Bacon, Lettuce and Tomato. Seperti namanya, BLT disajikan dengan daging asap, selada dan tomat. Akan lebih nikmat jika turut dihidangkan di atas roti panggang yang ditambah mayones. Sebutan BLT pertama kali muncul di media cetak selama awal 1950-an dan hingga kini masih menjadi sandwich yang terkenal kedua di Amerika Serikat.

6. Meksiko: Cemita

Sandwich Meksiko Cemita berisi daging sapi goreng yang disajikan dengan roti brioche berbahan dasar telur yang berisi keju, bawang putih, dan salsa roja. Irisan alpukat menjadi cita rasa yang membuat sandwich asal Meksiko ini semakin nikmat.

7. Prancis: Croque Madame

Pernah mendengar tentang Croque Monsieu yang merupakan sandwich keju berisi ham panggang? Croque Madame adalah sandwich ‘"versi perempuan" yang menyajikan telur goreng sebagai topping andalan. Croque Madame awalnya merupakan makanan ringan dari kafe dan bar di Perancis yang dibuat sekitar awal 1910-an.

8. Timur Tengah: Falafel

Falafel adalah roti pita yang berisi sayuran segar, buncis goreng dan saus tahini.

9. Jerman: Fischbrötchen

Sandwich asal Jerman ini berisi ikan bismarck atau ikan herring. Dibalut oleh roti roll berisi acar, dan bawang merah, makanan yang satu ini sering dinikmati di Jerman Utara. Fischbrötchen merupakan snack terpopuler di Jerman setelah currywurst.

10. Chili: Chacarero

Gurihnya churrasco panggang dengan balutan roti roll semakin nikmat bila ditambahkan irisan buncis, lada, dan tomat.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago