SOLOPOS.COM - Pantauan kondisi lalu lintas di jalur Solo-Tawangmangu di Karangpandan, Karanganyar, Sabtu (15/5/2021) sore. (Espos/Candra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR - Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore. Hal ini lantaran Satlantas Polres Karanganyar menerapkan sistem penguraian arus di beberapa simpang di jalur wisata.
Pantauan Solopos.com, jalur turun dari objek wisata di Tawangmangu dan Ngargoyoso pada pukul 16.30 WIB hingga 18.00 WIB terpantau lancar. Tidak ada antrean kendaraan yang mengular di jalur tersebut. Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Sarwoko, mengatakan secara total di berbagai jalur terjadi peningkatan jumlah kendaraan sebanyak 30 persen ketimbang saat H+1 Lebaran 2021. Dia mengatakan polisi sudah mengantisipasi potensi kepadatan kendaraan di jalur wisata saat arus pulang dari puncak. Antisipasi  dengan memecah arus kendaraan di beberapa titik persimpangan.
"Kami sudah mengantisipasi dengan memprioritaskan kendaraan yang turun. Beberapa kami pecah di persimpangan supaya tidak terjadi kemacetan kendaraan. Kami terapkan di Simpang Karangpandan, Bejen, Papahan, dan [Yonif] 413," jelas dia.
Sementara itu KBO Satlantas Polres Karanganyar, Iptu Anggoro Wahyu S, mengatakan metode penguraian  saat arus turun kendaraan berlangsung di Tawangmangu dengan memecah arus kendaraan. Arus turun mengarah sebagian melalui jalur Matesih dan sebagian melalui jalur Karangpandan. Polisi juga berjaga di beberapa titik vital untuk mengatur lalu lintas.
"Karena sebagian ada yang dari Ngargoyoso, arus turunnya 75 persen lewat Karangpandan dan 25 persen lewat Matesih. Arus itu nanti akan bertemu lagi di Bejen. Di situ kami tempatkan petugas yang akan mengatur untuk mengurai kemacetan," beber dia. Menurut Anggoro penerapan sistem pengurai kemacetan untuk arus turun mulai pukul 15.00 WIB. Hingga saat ini terpantau kondisi lalu lintas dari objek wisata ramai lancar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya