Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Arus Lalu Lintas Solo akan Dipantau Drone Polri saat Nikahan Kaesang-Erina

Polda Jateng mengerahkan drone untuk memantau situasi arus lalu lintas di Solo saat acara nikahan Kaesang-Erina, sekaligus penindakan pelanggaran dengan sistem ETLE.
SHARE
Arus Lalu Lintas Solo akan Dipantau Drone Polri saat Nikahan Kaesang-Erina
SOLOPOS.COM - Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, melakukan uji coba drone untuk memantau kondisi arus lalu lintas di simpang Warung Pelem, Jebres, Solo, Jumat (9/12/2022). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO — Polda Jawa Tengah menggunakan pesawat tanpa awak atau drone dalam memantau kondisi arus lalu lintas di Solo saat acara tasyakuran nikahan Kaesang-Erina di Solo, Minggu (11/12/2022).

Selain pemantauan kondisi arus lalu lintas, penggunaan drone dilakukan untuk penindakan pelanggaran lalu lintas dalam sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Polda Jawa Tengah menggandeng Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) Jawa Tengah untuk mengoperasikan drone.

PromosiPromo Menarik, Nginep di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasmu!

Uji coba drone dilakukan di simpang empat Warung Pelem, Jebres, Solo, Jumat (9/12/2022). Dalam kesempatan itu, drone diterbangkan tepat di simpang empat Warung Pelem.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mewakili Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, mengatakan drone digunakan memantau kondisi arus lalu lintas di sejumlah lokasi di Solo saat acara nikahan Kaesang-Erina.

“Penggunaan drone dilakukan untuk memantau jalur-jalur sektor luar lokasi acara pernikahan di Pura Mangkunegaran,” katanya, Jumat. Agus menyebut drone itu bakal disebar di empat lokasi.

Baca Juga: Nikahan Kaesang, 1.000 Orang Relawan Jokowi Ditampung di Hall Tirtonadi Solo

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

Keempat lokasi itu yakni sekitar simpang Kleco, sekitar Stadion Manahan, simpang Warung Pelem, dan perbatasan Sukoharjo-Boyolali di wilayah Kartasura. Apabila terjadi potensi penumpukan kendaraan bermotor maka petugas segera mengurai arus lalu lintas.

“Jumlah personel lalu lintas yang dilibatkan sekitar 750 orang. Ini khusus personel lalu lintas yang disiagakan di jalur-jalur menuju Pura Mangkunegaran,” ujar dia.

Penggunaan drone untuk memantau lalu lintas saat acara nikahan Kaesang-Erina juga sekaligus untuk penindakan pelanggaran lalu lintas dalam sistem ETLE. Pengguna kendaraan bermotor yang melanggar aturan lalu lintas bakal terpotret oleh kamera drone.

Kilas Balik 2022 - Emagz Solopos

Baca Juga: Nikahan Kaesang-Erina, 32 Pesawat Carter Mendarat di Bandara Adi Soemarmo

Misalnya, tidak memakai sabuk pengamanan atau helm. Bisa juga melanggar markah jalan dan lain sebagainya. Sementara itu, Ketua APDI Jawa Tengah, Sugeng, mengatakan penggunaan drone untuk penindakan pelanggaran lalu lintas telah diuji coba di Semarang pada Oktober 2022.

Hal ini lantas digunakan saat rangkaian kegiatan tasyakuran pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada akhir pekan ini. “Sudah diuji coba di Semarang. Sekarang diterapkan di sini,” katanya.



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode