SOLOPOS.COM - Ilustrasi penumpang kereta api (Istimewa/PT KAI Daops VI Yogyakarta)

Solopos.com, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI mencatat arus balik libur Natal dan Tahun Baru Nataru 2021 dimulai hari ini, Sabtu (2/1/2020).

Sepanjang Nataru, PT KAI melaporkan telah melayani pemeriksaan 111.000 rapid test antigen kepada calon penumpang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami telah melayani lebih dari 111.000 peserta rapid test antigen di stasiun untuk memudahkan pelanggan dalam melengkapi syarat menggunakan kereta api pada masa pandemi Covid-19,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resmi seperti dikutip Bisnis.com, Sabtu.

Optimistis di Tahun Baru, Begini Prediksi Ekonomi Solo dan Sekitarnya

Joni berharap masyarakat dapat mempersiapkan perjalanan dengan baik karena arus balik libur Nataru telah terlihat sejak Sabtu ini.

Gelombang arus balik terlihat dari data pembelian tiket KA. Dia mencatat bahwa KAI telah menjual 32.729 tiket kereta api jarak jauh pada 2 Januari 2020. Sementara tiket yang terjual pada Minggu, 3 Januari 2021 tercatat naik 21 persen menjadi 39.082 tiket.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk mempersiapkan perjalanan pada arus balik libur Nataru ini dengan baik mulai dari pemesanan tiket, rapid test antigen, hingga kelengkapan lainnya agar perjalanan Anda menyenangkan,” kata dia.

Aturan Baru, Bikin dan Perpanjangan SIM Bisa Gratis Untuk Kalangan Ini

Stasiun untuk Rapid Test Antigen

Joni menjelaskan pemesanan tiket dapat dilakukan melalui berbagai kanal seperti aplikasi KAI Access, web kai.id, ataupun seluruh channel resmi lainnya.

Selain pemesanan tiket, penumpang KA bisa memanfaatkan layanan rapid test antigen seharga Rp105.000.

Layanan ini tersedia di 29 stasiun yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Semarang Poncol, Semarang Tawang, Tegal, Purwokerto, Kutoarjo, dan Kroya.

Setop Mengucilkan! Stigma Negatif dari Tetangga Bikin Kasus Covid-19 Menyebar Cepat

Layanan ini juga tersedia di Kebumen, Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, Madiun, Jombang, Kediri, Kertosono, Blitar, Mojokerto, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang, Sidoarjo, Jember, dan Ketapang.

Joni menekankan agar calon penumpang KA pada arus balik Nataru dapat menjadwalkan tes pada H-1 sebelum keberangkatan. Hal itu demi menghindari keterlambatan jika dilakukan pada hari keberangkatan.

Wuih! Boyolali Punya Istana Tenis Meja, Seperti Apa?

KAI juga telah melakukan antisipasi peningkatan peserta rapid test antigen dengan menambah petugas pelayanan di stasiun serta menata alur layanan tersebut dengan lebih teratur.

“Kami memastikan seluruh pelanggan yang naik kereta api telah memiliki surat rapid test antigen dengan hasil negatif baik dari stasiun maupun instansi kesehatan lainnya yang kredibel,” kata Joni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya