SOLOPOS.COM - Suasana di ruang tunggu Terminal Dhaksinarga, Wonosari. Puluhan penumpang terlihat menunggu bus yang akan membawa ke luar daerah. Rabu (13/7/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Arus balik 2016 di Gunungkidul mulai terlihat ramai.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL  – Jumlah pemberangkatan penumpang dari Terminal Dhaksinarga, Wonosari masih terlihat ramai memasuki H+7 lebaran. Bahkan pihak terminal pun memrediksi pada Sabtu (16/7/2016) akan jadi puncak balik kedua karena bersamaan dengan berakhirnya libur sekolah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan yang dilakukan Harianjogja.com, Rabu (13/7/2016), lalu lalang calon penumpang masih terlihat riuh di area ruang tunggu terminal, meski arus balik lebaran akan segera berakhir. Salah seorang pemudik asal Jakarta, Firdaus mengatakan memilih pulang ke Jakarta pada H+7 kemarin, dengan harapan tidak terjebak macet di jalanan saat pulang. Selain itu, ia bersama keluarga ingin menghabiskan masa cuti di kampung halaman sang istri di Gunungkidul.

Ekspedisi Mudik 2024

“Setelah cuti habis, tentunya saya harus balik lagi dan bekerja seperti biasanya,” katanya kepada wartawan, Rabu kemarin.

Menurut dia, kondisi Terminal Dhaksinarga masih terlihat ramai, meski arus balik lebaran hampir berakhir. Kendati demikian, ia menilai kondisinya berjalan lancar dan tanpa hambatan.
“Mudah-mudahan sampai di rumah juga lancar,” ungkapnya.

Berdasarkan data dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Dhaksinarga, hingga H+6 lebaran sudah memberangkatkan 327 armada bus, dengan jumlah penumpang mencapai 9.000an orang. Sedang, untuk H+7 diperkirakan ada 40an armada bus malam yang diberangkatkan, dengan jumlah penumpang mencapai 1.000an orang.

“Kalau ditotal hingga H+7 ada sekitar 10.000-an penumpang yang diberangkatkan,” kata Kepala UPT Terminal Dhaksinarga Trisulo Hantoko.

Dia menjelaskan puncak arus balik lebaran 2016 terjadi pada Sabtu (9/7/2016), ada 80 armada bus yang diberangkatkan, dengan jumlah penumpang mencapai 2.505 orang. Trisulo menyatakan paska-puncak arus balik jumlah penumpang mengalami penurunan. Meski demikian kondisi di terminal masih ramai jika dibandingkan dengan di hari-hari biasa. Namun mengingat masih ada masa liburan sekolah, diprediksi pada Sabtu besok akan terjadi puncak arus balik kedua. Hanya saja, jumlah penumpang yang berangkat tidak seramai pada puncak arus balik yang pertama.

“Saya kira jumlah bus yang berangkat di angka 50-an. Jumlah itu jelas ada peningkatan, karena biasanya hanya ada 40 bus yang berangkat,” tuturnya.

Angka Arus Balik Lebih Tinggi Daripada Mudik

Dia menambahkan, jika dibandingkan dengan arus mudik, jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Dhaksinarga ada perbedaan yang signifikan. Hal itu terlihat dari jumlah penumpang arus balik yang tercatat mencapai 10.000-an penumpang. Sedang untuk arus mudik, jumlah penumpang yang turun ada sekitar 7.000-an orang.

Trisulo menjelaskan data 7.000 pemudik merupakan jumlah penghitungan penumpang yang turun hingga H-1 lebaran. Padahal di saat bersamaan dengan arus balik masih ada warga yang pulang kampung, tapi belum dimasukan sehingga ada perbedaan selisih antara jumlah penumpang di arus mudik dan balik.

“Kalau mau total, masih harus menunggu saat evaluasi setelah arus balik berakhir. Di sana nanti akan terlihat jelas berapa penumpang yang turun atau pun berangkat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya