[ X ] CLOSE

Artis Lukman Sardi Pindah Agama Kristen Setelah Umrah: Sempat Nangis Sambil Cium Hajar Aswad

Artis Lukman Sardi menceritakan perjalanannya pindah ke agama Kristen setelah menunaikan ibadah umrah dan sempat mencium Hajar Aswad sambil menangis.
Artis Lukman Sardi Pindah Agama Kristen Setelah Umrah: Sempat Nangis Sambil Cium Hajar Aswad

Solopos.com, JAKARTA – Artis Lukman Sardi menceritakan perjalanannya pindah agama dari Islam ke Kristen. Dia mengaku berpindah agama setelah menunaikan ibadah umrah.

Pria berusia 50 tahun itu menjelaskan keputusannya berpindah agama datang dari kakeknya. Kisah bermula saat kakeknya berpesan soal kekuatan kasih Tuhan dalam Alkitab.

“Pada saat itu ada ulang tahun pernikahan opa oma gue 50 tahun. Opa itu bikin buku cerita tentang perjalan cintanya. Dia nyelipin tulisannya ke gue itu tentang kasih. Itu impact yang gede buat gue,” katanya di akun YouTube Daniel Mananta Network pada Rabu (28/7/2021), seperti dilansir Suara.com, Jumat (30/7/2021).

Baca juga: Diisukan Pindah Agama Setelah Melayat Gus Sholah, Ini Jawaban Hotman Paris

Hal itulah yang menjadi awal perjalana spiritualnya. Momen itu bertepatan dengan perkenalannya dengan sang istri, Pricillia Pullunggono, yang dulu masih menjadi pacarnya dan berbeda agama.

“Dari situ gue melakukan perjalanan mencari tahu. Gue diajarin jadi muslim yang baik tapi bukan jadi fanatik. Selama perjalanan itu timbul banyak pertanyaan. Tapi enggak dapat jawaban yang pas,” ucap Lukman Sardi.

“Perjalanan itu lumayan panjang. Sampai di momen hubungan kita menuju serius. Jadi gue merasa nyaman sama dia (Pricillia Pullunggono). Sampe ada momen lumayan krusial, gue berdoa ke Tuhan, lo kasih tau jalan gue harus ngapain dulu. Gue pasrah,” imbuhnya.

Baca juga: Jakarta Diprediksi Tenggelam, Presiden AS Ingatkan Indonesia Pindah Ibu Kota

Tiba-tiba, Lukman Sardi mendapat hadiah pergi umrah gratis dari hasil film Nagabonar Jadi 2 yang dibintanginya.

“Sampai besokannya gue sadar ini jawaban doa gue. Gue ikut film Nagabonar Jadi 2 dan itu box office. Dia ngasih bonus umrah. Padahal gue lagi dalam perjalanan (spiritual) ini,” terang Lukman Sardi.

Artis yang satu ini pun berangkat umrah sebelum memantapkan keputusannya pindah agama. Saat menjalani tawaf di ka’bah, Lukman Sardi terbawa emosi karena kesulitan menyentuh hajar aswad.

“Gue jalanin umrah sebagai umat Islam. Pas tawaf itu gue ngerasa bukan hal yang mudah untuk sampai di ujung. Semua emosi gue marah banget karena gue enggak nyampe-nyampe gue kata-katain semua orang,” tambahnya.

Baca juga: Gisel Bikin Video Porno Lebih dari Sekali

Lukman Sardi mengingat ucapan sang kakek untuk terus menyebar kasih. Pada momen itulah dia merasa mendapat hidayah Tuhan.

“Sampai akhirnya gue diingetin tulisan opa gue tentang kasih itu. Akhirnya gue diem dulu, gue jalanin konsep dulu. Ada orang yang lewat gue kasih, tiba-tiba gue enggak sadar, gue sudah di ujung,” ujar Lukman Sardi.

“Gue nyium dan dikasih waktu ekstra terus gue nangis sejadi-jadinya. Itu kasih yang gue cari,” lanjutnya.

Sepulang dari umrah, artis Lukman Sardi memantapkan diri untuk pindah agama. Hanya saja dia masih menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkannya. Dia pun mengatakan keluarganya sedari dulu memang mempunyai agama yang berbeda-beda.

“Makanya waktu gue pulang walau dari umrah itu konsep kasih yang luar biasa. Akhirnya gue pulang lumayan bulat bahwa ini yang gue jalani,” pungkas Lukman Sardi.

 

 

 

 

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago