SOLOPOS.COM - Ilustrasi telinga kanan berdenging. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ketika telinga berdenging sebelah kanan, tidak sedikit orang yang menghubungkannya memiliki arti mistis. Padahal hal ini ada penjelasan ilmiahnya. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Kondisi ini dinamakan tinnitus.  Tinnitus adalah kondisi ketika kamu merasa mendengar suara dari dalam telinga. Meski disebut sebagai penyakit telinga berdenging, orang yang mengalami tinnitus juga bisa mendengar suara-suara lain yang seperti bersiul, berkicau, berbisik, bergumam, atau bahkan berdecit. Namun sumber suara tersebut bukan berasal dari luar telinga melainkan dari dalam telinga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tinnitus bisa menyebabkan telinga menjadi berdenging sebelah kanan atau sebelah kiri saja, namun bisa juga keduanya. Suara berdenging tentu bisa mengganggu aktivitas. Pada tahap yang parah, kondisi ini bahkan bisa memicu insomnia dan depresi.

Kenapa telinga bunyi nging atau berdenging? Telinga berdenging sebelah kanan bukanlah penyakit, tapi kehadirannya bisa jadi menandakan adanya gangguan telinga ataupun otak.

Baca Juga: Kementan: 14,8 Juta Ternak Harus Dipasangi Anting Ear Tag Tahun Ini

Berikut beberapa faktor penyebab yang mungkin mengakibatkan arti telinga berdenging sebelah kanan yang Anda alami seperti dikutip dari sehatq.com pada Senin (7/11/2022) :

1. Kerusakan di telinga tengah atau telinga dalam

Ini adalah penyebab tinnitus yang paling umum. Pasalnya, di sinilah telinga menangkap gelombang suara dan mentransmisikan sinyal tersebut ke otak. Ketika otak tidak lagi menangkap sinyal elektrik ini, maka otak akan ‘mengarang’ suaranya sendiri.

Baca Juga: Bertato dan Pakai Tindik Bisa Menjadi Anggota Polri? Ini Keterangannya

2. Tumor otak

Arti telinga berdenging sebelah kanan yang cukup mengkhawatirkan adalah adanya tumor di otak Anda. Tumor otak yang menyumbat saraf pada otak memang biasanya ditandai dengan adanya telinga berdenging di salah satu kuping saja. Meski demikian, penyebab telinga berdenging yang satu ini cukup jarang ditemui.

3. Trauma

Trauma bisa menjadi salah satu penyebab telinga berdenging sebelah kanan atau kiri. Adanya benturan atau cedera telinga sebelah kanan juga bisa menyababkan telinga berdenging.

4. Mendengar suara keras

Penyebab telinga berdenging sebelah kanan ini biasanya dialami oleh orang yang pernah mendengar suara keras, seperti bom, musik dengan suara tinggi, dan lain-lain.

Baca Juga: Mengupas Ramsay Hunt Syndrome, Penyakit yang Dialami Justin Bieber

5. Pengaruh obat-obatan tertentu

Konsumsi obat-obatan juga bisa membuat telinga berdenging sebelah kanan. Misalnya pada overdosis aspirin, antibiotik dosis tinggi, dan lain-lain.

6. Penyakit Meniere

Arti telinga berdenging sebelah kanan yang Anda rasakan bisa jadi gejala penyakit Meniere jika dibarengi dengan sakit kepala, telinga terasa berat, dan hilang pendengaran selama berjam-jam, namun kemudian hilang sendiri dan bisa kambuh kembali di kemudian hari.

Baca Juga: Apakah Membersihkan Telinga Ditanggung BPJS? Ini Penjelasannya

7. Tinnitus pulsatile

Kondisi ini terjadi ketika aliran darah di sekitar telinga mengalami abnormalitas. Selain telinga berdenging sebelah kanan atau pada kedua telinga, kondisi ini juga dipengaruhi oleh kehamilan, anemia, hipertiroid, atau adanya tumor pada pembuluh darah di sekitar telinga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya