Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Arti Mimpi Digigit Ular Menurut Para Ulama

Berikut ini sejumlah arti mimpi digigit ular ini menurut para ulama Islam.
SHARE
Arti Mimpi Digigit Ular Menurut Para Ulama
SOLOPOS.COM - Ilustrasi mimpi digigit ular. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Mendapatkan mimpi digigit ular tentu bukan hal menyenangkan dan membuat bertanya-tanya apa arti bunga tidur tersebut. Tak sedikit beranggapan hal ini merupakan pertanda buruk.

Hewan melata ini sebetulnya ada dua jenis yaitu berbisa dan tidak berbisa. Kendati demikian masih banyak orang takut terhadap satwa ini.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Daripada bertanya-tanya, lebih baik ketahui arti mimpi digigit ular ini menurut para ulama Islam. Abu al-Abbas Ahmad bin Sulthan dalam kitabnya Qawaid Tafsir al-Ahlam mengklasifikasikan mimpi digigit ular masuk dalam kategori mimpi yang buruk secara lahir dan batin (Abu al-Abbas Ahmad bin Sulthan, Qawaid Tafsir al-Ahlam, juz 1, hal. 138). Mengapa mimpi digigit ular masuk kategori itu?

Mengutip laman NU Online, Jumat (1/7/2022), dalam realitas kehidupan nyata, digigit ular tentu merupakan wujud kesialan seseorang karena peristiwa tersebut jelas merupakan hal yang tidak disukai dan berbahaya. Sedangkan secara batin mimpi ini dianggap buruk atau tercela sebab ia merupakan pertanda akan datangnya kesusahan dan gangguan pada seseorang.

Baca Juga: Jika Digigit Ular, Jangan Banyak Gerakan Agar Bisa Tak Menyebar

Selain itu, menurut Ibnu Sirin, ular dalam mimpi identik dengan adanya musuh, sebab Iblis menggoda Nabi Adam saat di surga dengan perantara menyamar sebagai ular. Maka, seberapa kuat dan hebat musuh tergantung pada seberapa besar ukuran ular serta seberapa bahaya jenis ular dalam mimpi yang dialami seseorang. Dan seberapa besar bahaya musuh yang mengenai dirinya tergantung pada seberapa kuat ular tersebut menggigit dirinya dalam mimpinya. Jika dalam mimpinya ia melawan serangan ular, itu berarti musuh yang menyerangnya pun akan dilawan orang yang mengalami mimpi tersebut.

Jika ia mampu membunuh ular maka itu berarti ia akan menang melawan musuhnya. Jika dalam mimpinya ia hanya melihat ular dalam keadaan sudah mati maka itu berarti musuh yang hendak menyerangnya telah ditaklukkan oleh Allah sehingga keburukan yang ditujukan padanya tidak akan menimpa pada dirinya. Jika ia bermimpi tubuhnya dililit oleh ular maka itu berarti menunjukkan banyaknya teman yang sejatinya merupakan musuh bagi dirinya tanpa ia sadari (Ibnu Sirin, Tafsir al-Ahlam, hal. 112).

Baca Juga: Hii! Ular Sanca Ini di Atap Kamar Mandi Milik Warga Wuryorejo Wonogiri

Arti mimpi digigit ular juga bisa dilihat dari dari posisi satwa melata tersebut. Jika dalam bunga tidur satwa tersebut berada di dalam rumah, berarti musuhnya sebetulnya adalah seseorang dari kerabat atau saudaranya sendiri. Jika satwa melata itu berada di dalam kamar pribadi atau di kasur  maka musuh yang menyerangnya sebetulnya adalah pasangannya sendiri. Jika letak ular itu berada di luar rumahnya maka musuhnya bukan dari kalangan keluarganya atau orang yang ada di tempat yang jauh (Syekh Abu Bakar Muhammad bin ‘Umar al-Ihsani, Jami’ Tafsir al-Ahlam, hal. 193).

Baca Juga: Mengira Mainan, Bocah 1,5 Tahun di Karanganyar Meninggal Digigit Ular

Ada pula yang menafsirkan arti mimpi digigit ular ini berdasarkan lokasi gigitan. Jika menggigit tangan kanan maka itu berarti ia akan mendapatkan uang yang sangat banyak. Jika menggigit tangan kirinya, maka itu berarti dia telah banyak melakukan kesalahan atau dosa. Jika ular menggigit kepalanya, maka itu berarti ia akan mengalami banyak kesulitan dalam hidupnya yang disebabkan oleh keputusan yang keliru atau tergesa-gesa dalam mengambil sikap.

Dari beraneka ragamnya arti mimpi dari digigit ular, perlu diingat mimpi hanyalah bunga tidur. Boleh percaya boleh tidak. Selalu ingat untuk berdoa memohon perlindungan Allah agar kita terhindar dari musibah.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode