SOLOPOS.COM - Ilustrasi pria memberikan bunga kepada wanita. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Artis Arawinda Kirana disebut mendapatkan love bombing dari seorang pria, apa arti perlakuan tersebut? Agar kamu memiliki hubungan cinta yang sehat dengan pasangan, simak ulasannya di tips asmara kali ini.

Fakta tersebut diungkap oleh pihak agensi yang menaungi pemeran film Yuni tersebut melalui unggahan di Instagramnya @kite.entertainment. Di surat pernyataan itu, pihak Kite Entertainment menyebutkan awal mula talent-nya bertemu klien pria tersebut. “Lalu pria tersebut mulai memberikan love bombing terhadap talent kami secara intens selama hampir 2 minggu melalui perhatian, kata-kata manis, chat, dan emoji flowers, love, hug (chat masih tersimpan),” demikian pernyataan dari pihak agensi Arawinda seperti dikutip dari @kite.entertainment pada Kamis (1/12/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Memiliki pasangan yang romantis, penu perhatian, dan mau memberikan segala sesuatu yang kamu inginkan mungkin terdengar menyenangkan. Meski terkesan mau berkorban demi pasangannya, kamu tetap perlu waspada, karena mungkin saja ini merupakan tindakan love bombing.

Baca Juga: Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan setelah Putus Cinta seperti Happy Asmara

Dikutip dari klikdokter.com pada Kamis (1/12/2022), arti love bombing adalah tindakan fisik maupun verbal berupa kasih sayang berlebih yang diberikan pasangan. Orang yang melakukan love bombing bisa membombardir kamu dengan hadiah, perhatian, pujian, dan kasih sayang yang terlalu lebay.

Bukannya hal tersebut bagus, ya? Ternyata, tidak juga. Perilaku berlebihan tersebut biasanya dilakukan oleh seorang sosiopat, narsistik, dan manipulator.  Tujuannya adalah untuk memanipulasi hubungan guna mendapatkan apa yang dia inginkan. Pelaku  menciptakan hubungan yang terlalu penuh cinta sehingga kamu tidak peka terhadap maksud dari perbuatan tersebut.

Karena tidak menyadari sedang dimanipulasi, kamu akan merasa nyaman-nyaman saja. Bahkan, kamu merasa bingung ketika orang lain mempertanyakan hubungan kalian yang terlihat janggal.

Menurut psikolog klinis, Dianne Grande Ph.D., dari Psychology Today, ada banyak faktor yang memengaruhi seseorang mengembangkan perilaku tersebut. Faktor yang dimaksud, mulai dari budaya kasih sayang yang ekspresif dalam keluarga, kesepian, keinginan punya hubungan yang berkembang dengan cepat, hingga hasrat untuk memanipulasi, memengaruhi, atau mengambil keuntungan.

Baca Juga: Agensi Angkat Bicara Soal Tudingan Arawinda Kirana Pelakor

Setelah mengetahui arti love bombing, ketahui pula sejumlah tahapan tahapan perilaku tersebut antara lain:

1. Idealisasi

Di tahap pertama, pelaku love bombing akan menyanjungmu di atas segalanya. Dia bisa menggodamu dengan mengirimkan pesan, menelepon, bahkan mengirim hadiah tanpa alasan. Tahap idealisasi ini bisa membuatmu merasa bahwa segalanya terjadi terlalu cepat.

2. Devaluasi

Pada tahap devaluasi, pasangan akan menunjukkan sikap yang baik dan kasar secara bergantian. Tak jarang, dia bersikap baik dan romantis di depan umum, namun berubah menjadi kasar ketika kalian hanya berdua.

Umumnya, pelaku love bombing sangat mahir untuk menemukan seseorang yang rentan, seperti orang yang baru bercerai, putus dengan pacar, atau tidak percaya diri.

3. Meninggalkan

Apabila merasa bahwa pasangannya tidak bisa memenuhi kebutuhannya, pelaku tidak sungkan untuk meninggalkan pasangannya.

Setelah mengetahui arti love bombing, ketahui pula ciri-ciri perilaku manipulatif tersebut agar kamu terhindar jadi korban mereka. Berikut ini ciri-ciri perilaku love bombing yang perlu kamu waspadai:

Baca Juga: Balutan Stigma Hubungan Asmara Wanita dengan Pria Berusia Lebih Muda

– Memberikan banyak hadiah secara berlebihan, contoh love bombing dengan membelikan tiket pesawat mahal untuk berlibur dan tidak boleh ditolak
– Tidak berhenti memuji, seperti mengungkapkan bahwa dia sangat mencintaimu atau tidak bisa hidup tanpamu
– Membombardir pesan dan telepon sepanjang hari
– Menginginkan perhatian penuh dan akan marah jika kamu tidak fokus kepada dirinya
– Mencoba meyakinkan bahwa kamu adalah belahan jiwanya
– Terus memanipulasimu untuk mendapatkan apa yang dia inginkan
– Sangat mengikat pasangan sampai tidak memiliki batasan atau privasi dalam sebuah hubungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya