SOLOPOS.COM - Suasana konferensi pers Artjog 2022 di Barley and Barrel Beer Garden Artotel, Kamis (30/6/2022). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Solopos.com, SLEMAN — Gelaran pameran seni rupa terbesar di Daerah Istimewa Yogyakarta, Art Jog, kembali akan digelar pada 2022. Ada yang berbeda dalam Art Jog 2022 ini, yaitu seniman anak dan remaja juga akan ikut menampilkan karyanya.

Gelaran Art Jog 2022 digelar di Jogja National Mueum (JNM) pada 7 Juli sampai 4 September 2022. Tahun ini, Art Jog mengusung tema Expanding Awareness yang merupakan rangkaian Art Jog arts-in-common yang diselenggarakan sejak 2019 dalam triplet tematik Ruang, Waktu, dan Kesadaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kurator Art Jog 2022, Agung Hujatnikajennong, mengatakan dalam pameran tahun ini akan ada 14 seniman anak dan remaja yang akan menampilkan karyanya bersama seniman-seniman muda maupun profesional lainnya. Dilibatkannya anak-anak merupakan salah satu upaya Art Jog dalam mendorong perluasan kesadaran inklusivitas.

“Pertama kalinya tahun ini buka kesempatan pada anak-anak dan remaja. Bagian dari kesenian inklusif,” ungkapnya dalam konferensi pers, Kamis (30/6/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: SMPN 2 Turi Wajibkan Siswi Muslim Berjilbab, Disdik Sleman: Revisi!

Meski baru pertama kali melibatkan anak-anak, tetapi antusiasmenya cukup tinggi. Ada 70 peserta yang ikut seleksi dari seluruh Indonesia sampai akhirnya terpilih 14 anak dan remaja.

Dia bercerita sebagian anak-anak memang sudah akrab dengan Art Jog. Bahkan ada yang sempat bertanya kapan bisa ikut dalam pameran Art Jog.

“Ada 70 yang ikut dari seluruh Indonesia, meski Jogja paling banyak. Tahun ini kami pikir pas [melibatkan anak-anak] karena ada agenda inklusif. Jadi saya rasa agendanya pas dengan tahun ini,” jelasnya.

Baca Juga: Beli Pertalite & Solar Pakai MyPertamina, SPBU Jogja: Siap, Tapi Repot

Tidak hanya anak-anak, Art Jog 2022 juga melibatkan komunitas difabel sebagai bentuk perluasan kesadaran inklusivitas. Tim kurator dan segenap staf program banyak menimba pengetahuan pengalaman dan pengetahuan dari penggerak inklusivitas.

Termasuk dengan kelompok Jogja Disability Arts (JDA) dan Sanggar Seni Komunitas Tuli Ba(WA). Mereka memberikan masukan mengenai rancangan pelaksanaan pameran. Menurutnya di medan kesenian perhatian pada inklusivitas masih minim.

Misal, kata dia, di lembaga kesenian atau festival belum ada kesempatan khusus untuk mereka yang bukan bagian dari medan seni, sifatnya masih eksklusif. Art Jog, kata Agung, berupaya mewujudkan ide inklusif dengan mengajak seniman dan aktivis penggerak inklusivitas.

Baca Juga: Bikin Gaduh! Holywings Jogja Ditutup

“Untuk pertama kalinya kami mengampu Art Jog Kids program yang didedikasikan bagi interaksi dengan pengunjung anak-anak, selain program-program edukasi dan lokakarya yang memprioritaskan keterlibatan komunitas difabel,” jelasnya.

Program Manager Art Jog, Gading Paksi, mengatakan selama dua tahun pada 2020 dan 2021 pengunjung tertentu khususnya anak-anak terabaikan karena masalah kesehatan. Oleh karena itu tahun ini anak-anak kembali dirangkul, bahkan dilibatkan dalam pameran.

Akan tetapi, menurutnya hal yang paling menggembirakan di tahun ini adalah Art Jog akan kembali digelar secara offline, bisa bertemu kembali dengan publik. Setelah dua tahun penuh ketidakpastian akibat pandemi.

Baca Juga: Kecamatan Terpadat di Kota Jogja, Luasnya Kurang dari 1 KM Persegi

“Selamat datang di Lebaran Seni 2022,” ucapnya girang.

Direktur Art Jog, Heri Pemad, menyampaikan rasa syukurnya Art Jog 2022 kembali bisa digelar setelah melewati masa sulit di 2020 dan 2021. Dia memastikan Art Jog 2022 bisa dikunjungi publik.

“Syukur alhamdulillah akhirnya sudah mulai kerja den mengawali Art Jog 2022, kita perlu berefleksi dalam penyelenggaraan Art Jog di masa sulit sejak 2020,” tuturnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Artjog Kembali Digelar, Ada yang Istimewa Tahun Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya