SOLOPOS.COM - Striker Borussia Dortmund, Robert Lewandowski (kiri) bersama rekan setimnya, Pierre-Emerick Aubameyang, merayakan golnya ke gawang Arsenal pada lanjutan penyisihan Grup F Liga Champions di Emirates Stadium, London, Rabu (23/10/2013) dini hari WIB. Dalam laga ini Dortmund mengungguli Arsenal 2-1. JIBI/Solopos/Reuters/Eddie Keogh

Solopos.com, LONDON – Rekor tak pernah kalah Arsenal dalam 12 laga terakhir akhirnya terhenti. Lewat gol Robert Lewandowski, Borussia Dortmund menjadi tim yang merusak rekor The Gunners, julukan Arsenal, dengan skor 2-1 dalam laga penyisihan Grup F Liga Champions.

Dalam laga yang berlangsung di kandang Arsenal, Emirates Stadium, London, Rabu (23/10/2013) dini hari WIB itu, Dortmund unggul lebih dulu melalui Henrikh Mkhitaryan, namun mampu dibalas The Gunners lewat Oliver Giroud untuk menutup babak pertama dengan skor 1-1.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di babak kedua, Dortmund yang lebih banyak tertekan akhirnya mampu kembali  unggul lewat gol Lewandowski.

Kekalahan Arsenal ini membuat persaingan di Grup F semakin ketat. Ketiga tim, yakni Arsenal, Dortmund, maupun Napoli memiliki peluang sama besar untuk lolos ke babak knock out.

Ekspedisi Mudik 2024

Arsenal, Dortmund dan Napoli saat ini sama-sama mengantongi nilai enam, hasil dari sekali kalah dan dua kali kemenangan. Napoli mendapat tambahan tiga poin, setelah pada laga yang hampir bersamaan membungkan Marseille 2-1.

Jalannya Pertandingan

Menghadapi Arsenal di depan pendukungnya, Die Borussen, julukan Dortmund, yang bertindak sebagai tim tamu tak terlihat canggung menghadapi Arsenal.

Bahkan dalam 10 menit awal, Dortmund mampu menguasai pertandingan. Pada menit ke-16, Dortmund akhirnya mampu memecah kebuntuannya.

Memanfaatkan kecerobohan Aaron Ramsey, Marco Reus yang mencuri bola meneruskan ke Robert Lewandowski untuk diberikan ke Mikhitaryan. Salah satu rekrutan baru Dortmund musim ini itu pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk melepaskan tembakan, yang tak mampu dihalau kiper Arsenal. Dortmund pun unggul 1-0.

Tertinggal, Arsenal mulai berani tampil keluar. Namun, skema apik yang diperagakan Dortmund sulit dibendung.

The Gunners bahkan baru mampu menciptakan peluang berbahaya di menit ke-37. Sepakan Rosicky dari luar kotak penalti sudah mampu melewati penjaga gawang Dortmund. Namun, Hummels mampu menghalau sepakan keras Roscky.

Pada menit ke-41, kebuntuan Arsenal akhirnya terpecahkan. Oliver Giroud menjebol gawang Dortmund setelah Weidenfeller gagal mengantisipasi umpan crossing Sagna dengan sempurna.

Arsenal pun mampu mengejar ketertinggalannya dan mengakhiri laga babak pertama dengan skor 1-1.

Memasukki babak kedua, Dortmund kembali memberikan tekanan. Namun, Arsenal mampu mengatasinya dan lambat laun ganti memegang kendali, terutama setelah memasukkan Santi Cazorla untuk menggantikan Wilshere di menit ke-57.

Hadirnya Cazorla cukup membuat serangan Arsenal lebih hidup. Eks pemain Malaga ini bahkan nyaris menciptakan gol, jika sepakannya dari luar kotak penalti tak membentur mistar gawang Dortmund.

Arsenal terus memberikan tekanan hingga 10 menit terakhir pertandingan. Namun, alih-alih melakukan tekanan Arsenal justru kebobolan di menit ke-82.

Lewat skema serangan balik cepat, Lewandowski menjebol gawang Arsenal setelah menerima umpan dari sisi kiri pertahanan Arsenal. Dortmund pun kembali unggul 2-1.

Keunggulan Dortmund ini pun bertahan hingga usai dan membuat Arsenal menelan kekalahan kedua kalinya pada musim ini, yang seluruhnya terjadi di depan pendukungnya. Kekalahan pertama terjadi pada medio Agustus lalu oleh Aston Villa di kancah Liga Premier.

Susunan Pemain

Arsenal (4-2-3-1)

Szcz?sny; Sagna, Mertesacker, Koscielny, Gibbs; Ramsey, Arteta; Wilshere, Özil, Rosický; Giroud

SUBS: Fabia?ski, Vermaelen, Monreal, Jenkinson, Cazorla, Gnabry, Bendtner

orussia Dortmund (4-2-3-1)

Weidenfeller; Grosskreutz, Suboti?, Hummels, Schmelzer; Bender, ?ahin; B?aszczykowski, Mkhitaryan, Reus; Lewandowski



SUBS: Langerak, Kirch, Papastathopoulos, Durm, Hofmann, Aubameyang, Schieber

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya