SOLOPOS.COM - Lionel Messi (fifa.com)

Solopos.com, BRASILIASkenario Brasil vs Argentina di final Copa America 2021 akhirnya tercipta. Ini setelah Argentina mengalahkan Kolombia melalui adu penalti pada semifinal Copa America 2021 di Estadio Nacional Mane Garrincha, Brasilia, Rabu (7/7/2021) pagi WIB. Pada waktu normal, kedua tim bermain imbang 1-1.

Argentina membuka skor pada menit-menit awal laga baru berjalan via aksi Lautaro Martinez. Namun, Kolombia berhasil menyamakan kedudukan melalui Luis Diaz.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada laga final yang berlangsung Minggu (11/7) pagi WIB, Argentina akan menghadapi Brasil yang sebelumnya mengalahkan Peru di semifinal.

Baca Juga: Preview Inggris Vs Denmark: Berburu Sejarah Baru

Pada laga tadi pagi, Lautaro Martinez membawa Argentina unggul cepat pada menit ke-7. Pemain Inter Milan tersebut membuka skor setelah menerima umpan dari Lionel Messi yang melakukan penetrasi ke jantung pertahanan Kolombia.

Meski sudah unggul, Argentina terus memberikan tekanan. Mereka terus membangun serangan, namun belum bisa memaksimalkan beberapa peluang yang didapat.

Kolombia kemudian berusaha untuk bangkit. Mereka kemudian mendapat peluang pada menit ke-28, melalui tendangan Juan Cuadrado. Sayang, tembakannya masih menghantam mistar gawang.

Baca Juga: Spanyol Kalah Adu Penalti dari Italia, Sergio Busquets: Matador Lebih Superior!

Samakan Kedudukan

Pasukan asuhan Reinaldo Rueda itu terus memberikan kesulitan untuk Argentina. Yerry Mina kemudian nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-37. Tetapi, sekali lagi upayanya masih belum menemui sasaran.

Argentina lalu hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-43. Berawal dari sepak pojok Messi, Nicolas Gonzalez menanduk bola. Namun, bola bisa ditepis kiper Kolombia, David Ospina. Skor bertahan hingga babak pertama usai.

Begitu paruh kedua dimulai, Ruenda langsung mengubah skuat. Dia memasukkan tiga pemain langsung yang berkarakteristik menyerang, demi menyamakan kedudukan.

Baca Juga: Italia Menang Adu Penalti Lawan Spanyol, Roberto Mancini: Seperti Mendapat Lotre

Hal itu membuat Kolombia dapat memberikan ancaman ke lini pertahanan Argentina. Namun, mereka belum bisa menyelesaikan peluang yang didapat dengan sempurna.

Akhirnya Kolombia sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-61. Luis Diaz yang terus dibayangi bek lawan, terus berlari dan melepas tembakan dari sudut sulit. Namun, hal itu tak menghentikannya mencetak gol.

Kejadian itu membuat Argentina berusaha untuk kembali menyerang. Mereka hampir kembali memimpin pada menit ke-72. Namun, tembakan Lautaro Martinez bisa ditepis Ospina. Angel di Maria sempat menendang bola muntah, namun malah melambung.

Baca Juga: Federico Chiesa Star of The Match Italia Vs Spanyol

Adu Penalti

Skuat Argentina lalu kembali memberikan tekanan. Pada menit ke-80, Messi mengancam dan melepas tendangan. Meski begitu, tembakannya menghantam tiang gawang. Skor bertahan hingga 90 menit berakhir.

Juan Cuadrado menjadi penendang pertama untuk Kolombia saat adu penalti. Dia lalu berhasil melaksanakan tugasnya. Lionel Messi yang menjadi penendang pertama Argentina juga sukses membuat gol.

Penendang kedua Kolombia, Davinson Sanchez kemudian gagal mencetak gol. Tendangannya terbaca oleh kiper Argentina, Emiliano Martinez. Namun, eksekutor kedua Argentina, Rodrigo De Paul malah gagal juga, seusai tendangannya melambung.

Baca Juga: Disingkirkan Italia Lewat Adu Penalti, Spanyol Catat Rekor Buruk

Yerry Mina menjadi penendang ketiga Kolombia. Namun, Emiliano Martinez kembali sukses menepis bola. Sitasi pun dimanfaatkan oleh Leandro Paredes yang sukses melaksanakan tugasnya.

Meski begitu, Kolombia kembali membuat kedudukan sama kuat 2-2 berkat Miguel Borja. Namun, Argentina kembali di depan, berkat eksekusi Lautaro Martinez yang berhasil menembus gawang lawan, 3-2!

Emiliano Martinez kemudian juga berhasil menepis tembakan eksekutor kelima Kolombia, Edwin Cardona. Argentina pun sukses melaju ke babak final Copa America 2021.

Baca Juga: Italia 1-1 (4-2) Spanyol: Drama Adu Penalti Loloskan Azzurri ke Final Euro 2020



 

Susunan Pemain:

Argentina (4-3-3): Emiliano Martinez; Nahuel Molina, German Pezella, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Rodrigo De Paul, Guido Rodriguez, Giovani Lo Celso; Lionel Messi, Lautaro Martinez, Nicolas Gonzalez

Cadangan: Franco Armani, Juan Musso, Martinez Quarta, Gonzalo Montiel, Lisandro Martínez, Marcos Acuna, Leandro Paredes, Exequiel Palacios, Angel Di María, Alejandro Gomez, Angel Correa, Sergio Agüero

Pelatih: Lionel Scaloni

Baca Juga: Bhayangkara FC Berharap Penundaan Liga 1 Tak Berlarut-Larut

Kolombia (4-4-2): David Ospina; Daniel Munoz, Yerry Mina, Davinson Sanchez, William Tesillo; Luis Diaz, Gustavo Cuellar, Wílmar Barrios, Rafael Borre; Duvan Zapata, Juan Cuadrado

Cadangan: Camilo Vargas, Alder Quintana, Stefan Medina, Oscar Murillo, Carlos Cuesta, Frank Fabra, Edwin Cardona, Sebastian Perez, Baldomero Perlaza, Luis Ferrnando Muriel, Miguel Borja, Yimmi Chará

Pelatih: Reinaldo Rueda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya