SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SEMARANG—Eksplorasi kars di area penambangan pabrik PT Semen Indonesia di Rembang terus dipermasalahkan, pasalnya aturan mengenai cekungan air tanah atau CAT yang ditetapkan untuk lokasi penambangan terindikasi tumpang tindih.

Pabrik semen itu dirancang berkapasitas produksi 3 juta ton per tahun dengan target akhir 2016 pabrik bernilai investasi Rp3,717 triliun bisa berproduksi. Sementara hingga kini area eksplorasi material masih menjadi polemik.
Kepala Badan Geologi Kementrian ESDM Surono menyatakan sesuai aturan kawasan hutan tidak diperbolehkan untuk aktivitas industri.
Badan Geologi sudah menentukan 421 cekungan air tanah dan cekungan air tanah di Watu Putih Rembang berada di nomor 124. Itu sudah merupakan Keputusan Presiden Nomor 26 terbit 2011.
Kepala Dinas ESDM Jateng Teguh Dwi Paryono mengatakan lokasi penambangan berada di daerah morfologi kars dilakukan  pada zona kering yang telah disetujui oleh Pemerintah Kabupaten Rembang pada 2011 – 2012.
“Sekarang dipertanyakan bahwa kawasan CAT sesuai tidak diperbolehkan untuk ditambang, itu perlu dikaji kembali. Soalnya daerah CAT imbuhan maupun lepasan air belum diatur di Perpres maupun Kemen-ESDM,” ujarnya, Senin (7/7/2014).
Menurut dia, kawasan penambangan kars di Watuputih Rembang untuk pabrik Semen Indonesia merupakan area spesial yang memiliki 90% cadangan air tanam imbuhan namun dengan sifat batuan gamping kering sehingga boleh dieksplorasi.
Budi Sulistyo, koordinator peneliti lapangan dan desain PT Semen Indonesia memastikan rencana penambangan itu telah sesuai penerapan desain teknologi yang menjamin teknik penambangan ramah lingkungan.
“Kami sudah memenuhi syarat izin lokasi, RTRW sesuai yang ada, melakukan pemetaan goa, sampling air, debit dan laboratorium air, hingga mengkaji kawasan kars mana yang perlu dilindungi, kita ada pemetaan semuanya,” ujar dia.
PT Semen Indonesia, katanya, berkomitmen melaksanakan kajian sesuai Amdal dan berupaya tidak melanggar perda mengenai tata ruang dan wilayah. Konsultan juga meminta investor memerhatikan kenyamanan lingkungan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya