SOLOPOS.COM - Salah satu penggambaran Virtual Exhibition Archevent UNS 2020 yang digelar pada 19-30 November 2022. (Solopos/ Meyra Suci Ashifa)

Solopos.com, SOLO — Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo kembali mengadakan event tahunan Archevent 2022.

Kegiatan ini merupakan suatu rangkaian acara yang terdiri atas kompetisi desain arsitektur, talkshow dan webinar, pameran karya, dan mini sayembara, dengan mengusung tema “Raising Awareness Through Architecture”. 

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

 Project Officer dari Archevent 2022, Abinaya Ramadhika, mengatakan tema ini memiliki tujuan khusus. “Tema Raising Awareness Through Architecture jadi kita di sini ingin menyadarkan atau membangun kesadaran banyak orang mengenai [kewaspadaan] kriminalitas yang terjadi di ruang publik,” katanya, Rabu (30/11/22).

Archevent tahun ini juga didukung  IAI (Ikatan Arsitektur Indonesia),  dan Himpunan Mahasiswa Kriminologi,  ini melibatkan sejumlah mahasiswa Arsitektur mulai dari angkatan 2019 hingga 2021 sebagai panitia.

Baca Juga: 47 Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS Solo Ikut Uji Kompetensi Jurnalistik

Dari keseluruhan rangkaian acara, hal yang menarik dari Archevent tahun ini adalah dilaksanakannya dua metode pameran karya, Virtual Exhibition yang diadakan pada 19-30 November 2022 dan Live Exhibition yang dilaksanakan pada 25-27 November 2022 di Gedung 2, Fakultas Teknik, UNS. Kedua pameran ini memiliki alur cerita yang berkaitan satu sama lain.

“Visi utama kita ingin memberikan visualisasi, jadi ada kontras antara lingkungan yang banyak kriminalitas sama lingkungan yang aman dari kriminalitas. Dari segi Virtual Exhibition itu sendiri fungsinya sebagai prolog atau pembuka ke Live Exhibition,” ujar Koordinator Subdivisi Virtual Exhibition, Izza Dennas atau yang biasanya dipanggil Jaden, Rabu.

Konten yang dipamerkan dalam Virtual Exhibition Archevent 2022 yang pertama adalah hasil karya Archevent Photography Submission yang temanya terbagi menjadi dua, yaitu The Treacherous dan The Serene. Kedua tema lomba fotografi ini memiliki makna masing-masing yang mencerminkan tema besar Archevent, isu kriminalitas.

“Untuk tema The Treacherous menampilkan hal-hal yang berbau kriminalitas atau bahaya, jadi misalnya kayak lingkungan yang gelap, lingkungan minim cahaya, dan sebagainya. Sedangkan, yang The Serene lebih menampilkan lingkungan yang memberikan rasa aman, senang, dan sebagainya,” ujar Jaden.

Baca Juga: Dosen Farmasi UNS Beberkan 4 Cara Mudah Memastikan Keamanan Obat

Konten kedua yang ditayangkan adalah pameran dari sayembara Archevent 2022 berupa lomba desain lingkungan yang aman dari kriminalitas. Pameran sayembara ini berupa poster terpilih dari para pemenang mini sayembara dan sayembara utama Archevent UNS 2022. Poster sayembara ini juga bisa dijadikan solusi atau penyelesaian dari kriminalitas yang menjadi topik besar Archevent.

“Biasanya output sayembara kan hanya berbentuk poster makanya kurang memberikan rasa visual kepada pengamat.  Jadi di pameran virtual ini aku berinisiatif membuat 3D modelnya. Jadi pengunjung bisa merasakan sendiri kenapa si bangunan itu bisa menyelesaikan permasalahan kriminalitas yang ada,” ucap Jaden.

Para pengunjung, terutama mahasiswa UNS sangat tertarik melihat Virtual Exhibition di Archeven. Bagas, salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2020 UNS yang mengunjungi situs web pameran virtual Archevent 2022 ini mengaku sangat terhibur dan tertarik dengan alur cerita serta konsep yang dikembangkan dalam Archevent 2022.

“Menurut saya ini sangat menarik karena masih jarang sebagai seorang mahasiswa membuat Virtual Exhibition yang bisa se-kompleks ini. Jujur itu menjadi suatu hal yang baru dan menarik. Foto-foto yang ditampilkan juga menarik punya cerita masing-masing,” kata Bagas saat ditemui di Hutan FISIP UNS, Rabu.

Bagas juga berharap kegiatan Virtual Exhibition di Archevent ini bisa terus diselenggarakan karena ide-ide atau konsep yang ditayangkan memukau para pengunjung. Hal ini diharapkan juga menginspirasi fakultas lain yang ingin menyelenggarakan pameran karya dan memilih Virtual Exhibition sebagai konsepnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya