[ X ] CLOSE

Arab Saudi Tambah Kapasitas untuk Jemaah Umrah Jadi 2 Juta Orang Per Bulan

Kapasitas jemaah umrah selama ini yang berjumlah 60.000 orang dan terbagi ke dalam delapan periode operasional akan meningkat menjadi 2 juta orang per bulan
Arab Saudi Tambah Kapasitas untuk Jemaah Umrah Jadi 2 Juta Orang Per Bulan
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Masjidil Haram (haji.kemenag.id)

Solopos.com, RIYADH  – Pemerintah Arab Saudi pada Minggu (8/8/2021) mengumumkan penambahan kapasitas bagi jemaah umrah asal luar negeri sebanyak 2 juta orang per bulan. Kantor berita Arab Saudi, SPA, melaporkan hal ini mengutip pernyataan Wakil Menteri Haji dan Umrah, Dr. Abdulfattah bin Sulaiman Mashat. Mashat menyebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan lembaga-lembaga terkait untuk mempersiapkan musim umrah 2021/2022. Mereka mempersiapkan mekanisme khusus yang memberikan lingkungan yang aman dan aksesnya mudah bagi para jemaah umrah dengan memperhatikan jaminan kesehatan.

Wakil Menteri Haji dan Umrah juga menyebut bahwa kapasitas jemaah umrah selama ini yang berjumlah 60.000 orang dan terbagi ke dalam delapan periode operasional akan meningkat menjadi 2 juta orang per bulan. Pelayanan permohonan visa umrah dan perizinan lain akan berlangsung melalui sistem yang terintegrasi. Ibadah umrah mulai terbuka kembali sejak Senin (9/8/2021).

Mashat menyatakan pula kementeriannya juga bekerja untuk menyeleksi dari mana saja negara asal jemaah umrah dan jumlah jemaahnya secara periodik. Hal ini sebagai upaya preventif untuk keamanan dan keselamatan serta mengkoordinasikannya dengan negara-negara asal jemaah tersebut.

Ibadah umrah tertutup bagi jemaah dari luar Arab Saudi sejak Februari 2020 silam saat pandemi Covid-19 merebak. Selama masa pandemi, jemaah umrah hanya terbuka untuk warga Arab Saudi dan warga asing yang tinggal di negeri itu. Jumlahnya pun terbatas di mana jemaah yang diizinkan masuk ke dalam Masjidil Haram di Mekkah maksimal hanya 6.000 orang per hari.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago