SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ibadah Haji 2021. (Instagram-Haramain Info)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah Arab Saudi segera mengumumkan penyelenggaraan ibadah haji 2021 dalam hitungan hari. Pengumuman soal haji itu dilakukan Kerajaan Arab Saudi mendekati waktu pelaksanaan ibadah haji pada pertengahan Juli 2021.

Lamanya penetapan penyelenggaraan ibadah haji 2021 itu dilakukan sebagai langkah kehati-hatian di tengah ancaman munculnya varian baru virus corona. Dilansir Arab News, Senin (7/6/2021), Menteri Media Arab Saudi Majid Al-Qasabi menyatakan kerajaan telah menyelesaikan pengkajian tantangan haji pada tahun kedua pandemi Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Benarkan 4 Zodiak Ini Pemalas?

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam konferensi pers di Riyadh, dia mengatakan bahwa pemerintah terus mengikuti perkembangan pandemi. Pada saat yang sama, Kementerian Haji dan Umrah juga bakal segera memberikan keputusan.

Menurutnya, akibat kemunculan varian Covid-19 baru, evaluasi terhadap bahaya menjadi upaya penting untuk mencegah penyebaran. “Kami tidak ingin haji menjadi pusat penyebaran penyakit di [dalam] negara atau [di antara] negara muslim,” katanya.

Pada pelaksanaan haji tahun lalu, pemerintah Arab Saudi bisa dibilang sukses setelah tidak ditemukannya penyebaran virus corona pada jemaah yang dibatasi hanya 1.000 orang dari penduduk Arab Saudi.

Aplikasi Eatmarna

Untuk mendukung layanan haji, pemerintah Kerajaan Arab Saudi juga telah mengembangkan aplikasi khusus untuk melayani perizinan masuk ke masjid, terutama di Mekkah dan Madinah yang dinamakan Eatmarna. Lebih dari 20 juta orang telah menggunakannya.

Kementerian Haji dan Umrah juga akan menyiapkan transportasi dengan menetapkan empat titik untuk mengantarkan para jemaah dari dan ke Masjidil Haram di Mekkah. Asisten Wakil Sekretaris Kementerian Haji dan Umrah Hesham Abdulmonem Saeed mengatakan hal tersebut dilakukan untuk mencegah kerumunan.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya