SOLOPOS.COM - Kakbah, Mekah, Arab Saudi, 26 Agustus 2017. (JIBI/Reuters/Suhaib Salem)

Arab Saudi melarang jemaah selfie di depan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Solopos.com, SOLO – Jemaah dari berbagai penjuru dunia yang datang ke Tanah Suci sering mengabadikan momen spiritual mereka dengan berfoto selfie. Fenomena yang semakin berkembang ini menjadi perhatian serius bagi pemerintah Arab Saudi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Teruang dalam surat diplomatik yang dikirimkan Kementerian Luar Negeri pada 12 November 2017, Arab Saudi melarang semua jemaah mengabadikan tempat suci umat Islam yakni Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Surat tersebut dikirimkan kepada negara penyelenggara haji dan umrah.

Ekspedisi Mudik 2024

Pihak berwenang Saudi juga menyebutkan banyaknya jemaah yang asyik berfoto selfie akan menganggu jemaah lain yang tengah beribadah. Saudi pun mengancam akan mengambil langkah tegas bagi siapapun yang melanggar peraturan ini.

“Pelarangan ini terpaksa dilakukan agar tercipta ibadah yang lebih khusyuk, alat yang digunakan untuk mengambil foto dan video akan disita dan tindakan hukum akan diberlakukan,” tulis mereka dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Daily Sabah, Kamis (23/11/2017).

Awal pekan ini, foto seorang pria Israel di Masjid Nabawi menyebabkan keributan besar di media sosial umat muslim di Arab maupun di dunia. Sebagaimana diketahui, orang-orang non-muslim dilarang memasuki dua tempat suci bagi agama Islam tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya