SOLOPOS.COM - Pertanian tebu rakyat di Tulungagung, Jumat (12/6/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Destyan Sujarwoko)

Solopos.com, KUDUS–Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (DPN APTRI) memastikan produksi gula petani bisa memenuhi kebutuhan gula di dalam negeri, sehingga tidak perlu ada impor gula.

“Sejak awal kami menginginkan saat mulai musim giling tebu seperti sekarang ini jangan lagi ada impor gula karena merusak harga gula tani,” kata Sekjen DPN APTRI M Nur Khabsyin di Kudus, Jawa Tengah, Rabu (18/5/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Terkait adanya informasi pabrik pengolahan tebu di Brasil yang membatalkan beberapa kontrak ekspor gula, dia mengakui, belum mengetahui informasi tersebut.

Sebelumnya, kata dia, APTRI juga mendesak pemerintah untuk menghabiskan stok gula konsumsi impor sebelum memasuki musim giling, guna menjaga stabilitas harga gula petani.

Kebutuhan konsumsi gula per bulannya sekitar 230.000 ton, sedangkan target produksi gula kristal pada musim giling tahun ini yang dimulai Mei 2022 berkisar 2,1 juta ton.

Baca Juga: Pabrik Masih Minim Giling Tebu, Kemendag Jamin Stok Gula Aman

Ia berharap stok gula impor yang masih tersisa, disimpan terlebih dahulu karena gula impor untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sebelum memasuki musim giling tebu.

Impor gula 2022 sebesar 1,1 juta ton untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri sebelum memasuki musim giling pada Mei 2022.

Selain itu pada tahun 2021 juga masih ada sisa stok stok gula berkisar 1 juta ton, sehingga impor gula seharusnya dibatasi karena Mei 2022 sudah mulai giling tebu untuk menghasilkan gula.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya