SOLOPOS.COM - Stiker Tcash Telkomsel (Okezone)

Aplikasi terbaru Tcash Telkomsel resmi meluncur. Bagaimana cara menggunakannnya?

Solopos.com, JAKARTA — Operator seluler lokal, Telkomsel, resmi memperkenalkan aplikasi terbaru pembayaran berbasis mobile. Layanan dari Telkomsel itu bernama Tcash. Melalui Tcash, konsumen dapat melakukan pembayaran secara cashless menggunakan ponsel.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, mengatakan, aplikasi terbaru Tcash hanya dapat digunakan oleh pelanggan Telkomsel, baik prabayar dan pascabayar. Nantinya pengguna harus akan mendapat stiker khusus berteknologi NFC yang dapat digunakan untuk bertransaksi.

Ririek menerangkan, apliksi terbaru Tcash merupakan layanan generasi terbaru yang dihadirkan Telkomsel. Tcash memang pernah diluncurkan pada 2007, namun dengan menggunakan SMS Base. Barulah sekarang diperkenalkan dalam bentuk teknologi lain yakni NFC Base.

Head of Media Relation Telkomsel, Aldin Hasyim, menambahkan, pelanggan Telkomsel yang ingin menggunakan aplikasi terbaru Tcash terlebih dulu harus mendatangi gerai GraPARI. Di sana, konsumen bisa meminta kepada costumer service untuk mengaktifkan layanan Tcash. “Nanti konsumen akan diberi stiker khusus yang ditempelkan di bagian belakang smartphone. Semua proses itu gratis,” ucapnya.

Aldin melanjutkan, nantinya pengguna aplikasi terbaru Tcash diarahkan untuk mendaftar ke *800*88#. Setelah berhasil, pengguna akan diminta mengganti PIN lama ke PIN baru.

Ia melanjutkan, pengguna dapat mengisi aplikasi terbaru Tcash melalui GraPARI, Indomaret, dan ATM Bersama. Saldo yang dapat diisi tak terbatas, mulai Rp50 hingga jutaan rupiah.

Telkomsel diketahui telah bekerja sama dengan merchant-merchant ternama di Indonesia untuk mendukung layanan ini. Ada sekitar 1.000 gerai dari merchant yang telah digandeng untuk mensukseskan aplikasi terbaru Tcash.

Dikutip dari Liputan6.com, Sabtu, selain memperkenalkan teknologi Near Field Communication (NFC) di aplikasi terbaru Tcash, Telkomsel juga mengumumkan kerja sama dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) untuk menyalurkan dana bantuan pemerintah.

Telkomsel dan TNP2K melakukan uji coba untuk menjajal distribusi dana pemerintah secara digital, yakni melalui teknologi tersebut. Nantinya, penerima bantuan yang memiliki ponsel jenis apa saja bisa dihubungkan dengan mesin EDC.

Ririek Adriansyah mengatakan kerja sama Telkomsel-TNP2K adalah bagian dari komitmen perusahaan unuk mendorong penggunaan uang elektronik.

“Kami bersama TNP2K akan menguji coba Tcash di sejumlah lokasi untuk mendistribusikan bantuan sosial dari pemerintah mulai November hingga akhir tahun,” ungkap Ririek.

Menurut data TNP2K, terdapat 15,5 juta rumah tangga yang dianggap layak menerima bantuan langsung tunai (BLT). Uji coba aplikasi terbaru Tcash yang digelar bersama ini baru mencakup wilayah Jakarta, Semarang, dan Cirebon dengan target awal penerima dana bantuan mencapai 2.000 keluarga.

Uji coba aplikasi terbaru Tcash juga akan menjadi proyek percontohan terhadap penerimaan bantuan dana melalui ponsel. Sementara, Bank Mandiri dan BNI ditunjuk untuk menjadi mitra yang mencairkan dana tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya