SOLOPOS.COM - Aplikasi Kolak (Detik)

Aplikasi terbaru Kolak mengajak anak-anak bernayi dan belajar dilengkapi gambar menarik.

Solopos.com, JAKARTA — Tak seperti beberapa awal dekade 1990-an dan 2000-an lalu, lagu anak-anak saat ini boleh dibilang langka. Eksistensinya tenggelam oleh lagu dewasa dengan tema percintaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Fenomena buruk itu menyentuh Educa Studio, yang memang punya perhatian khusus di bidang pendidikan. Developer aplikasi asal Salatiga, Jawa Tengah itu  merilis aplikasi terbaru Kolak: Koleksi Lagu Anak.

Kolak adalah aplikasi terbaru yang mengajak anak-anak untuk bernyanyi bersama dengan dilengkapi gambar dan animasi yang menarik. Dalam pengembangannya, Educa Studio menggandeng pencipta lagu Z.P. Heru Budhianto atau yang lebih akrab disapa Kak Zepe, membuat lagu-lagu anak baru yang bertemakan keindahan alam dan hewan.

Ekspedisi Mudik 2024

Beberapa judul lagu di antaranya adalah Kebun Binatang, Kaki Hewan, Binatang Nocturnal, Sifat Air, Akulah Matahari, dan Sebanyak Bintang di Langit.

“Harapan saya, lagu-lagu ini dapat mengajak anak Indonesia untuk bernyanyi dan belajar mengenal keanekaragaman satwa dan keindahan alam yang perlu kita lestarikan bersama,” kata Kak Zepe, dikutip dari Detik, Senin (8/2/2016).

Melalui lagu yang mendidik dan menggembirakan, anak-anak akan belajar mengenal kekayaan alam, huruf, angka, dan juga budi pekerti yang baik dengan cara yang selaras dengan perkembangan kognitif dan psikologis anak.

CEO Educa Studio, Andi Taru, mengaku prihatin dengan langkanya lagu untuk anak-anak. Kondisi ini sangat berbeda seperti di era 1990-an, ketika dunia musik diwarnai oleh lagu-lagu anak dalam negeri seperti Du Di Dam, Cinta Rupiah, dan Cit Cit Cuit.

Berdasarkan ilmu psikologi, anak-anak belajar dengan meniru apa yang mereka lihat. Melihat serbuan lagu dewasa yang mendominasi dunia musik Indonesia, tak heran bila banyak anak kecil saat ini lebih fasih menyanyikan lagu tentang percintaan ketimbang lagu anak-anak.

Hal ini bisa berpengaruh pada perkembangan psikologis dan moral anak sehingga mereka mengalami percepataan pendewasaan yang tidak sesuai usianya. “Keprihatinan inilah yang mendorong kami untuk membuat Kolak. Kami ingin mengimbangi konten musik yang ada dengan lagu-lagu anak yang baru, ceria, dan bermanfaat,” jelas Andi.

Dalam aplikasi terbaru Kolak tersebut, lagu-lagu disajikan dalam tampilan yang menarik, dilengkapi audio visual dan gambar animasi untuk membuat kegiatan menyanyi bersama menjadi lebih menyenangkan.

Semua fitur ini dapat dimanfaatkan secara gratis dengan mengunduhnya di perangkat Android. Ke depannya, Educa Studio berencana untuk menambah koleksi lagu terbaru di aplikasi terbaru Kolak dengan mengangkat ragam tema yang menarik serta meningkatkan standar rekaman dengan teknologi paling canggih sehingga suara menjadi lebih jernih.

“Kami berharap aplikasi terbaru Kolak dapat dimanfaatkan oleh orang tua, sekolah, dan guru sebagai sarana untuk mengakrabkan anak-anak dengan lagu-lagu yang sesuai dengan perkembangan usia mereka,” lanjutnya.

Seperti dikutip dari Educastudio.com, Senin, aplikasi terbaru Kolak juga dilengkapi dengan gambar dan animasi yang menarik sehingga anak-anak tidak akan bosan dan terus tertarik untuk belajar bernyanyi. Berikut ini daftar lagu anak di Kolak:

1. Semangat!
2. Cinta Seorang Ibu
3. Anak yang Baik
4. Ayo Belajar
5. Bangga jadi Anak Indonesia
6. Terimakasih Guruku
7. Sahabat yang Baik
8. Alam yang Indah

Lagu Anak ciptaan Kak Dodi itu berisi pesan-pesan moral yang bagus untuk anak-anak. Misalnya saja ajakan untuk semangat belajar, ungkapan kasih sayangs eorang ibu yang tak akan pernah habis, ciri-ciri anak yang baik, ajakan untuk mencintai bangsa Indonesia dan masih banyak lainnya.

Aplikasi terbaru Kolak juga menggunakan Intel NDK dan mendapat dukungan media support dari platform Dicoding. Menurut CEO Dicoding, Narenda Wicaksono, Dicoding berkomitmen menjembatani kebutuhan masyarakat dengan solusi teknologi tepat guna hasil karya developer lokal. “Kami ingin agar karya-karya unggul developer lokal dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk Indonesia,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya