SOLOPOS.COM - Wisatawan tengah berkunjung atau jalan-jalan di Malioboro, Jogja. (Solopos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, JOGJA — Wisatawan yang berkunjung atau jalan-jalan di Malioboro kemungkinan akan tidak sebebas seperti saat ini. Hal ini menyusul rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja yang akan menerapkan aplikasi baru, bertajuk Sugeng Rawuh.

Aplikasi Sugeng Rawuh ini, salah satunya bertujuan untukjam kunjungan wisatawan di Malioboro. Nantinya wisatawan atau pengunjung yang jalan-jalan di Malioboro akan dibatasi waktunya, maksimal dua jam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Aplikasi Sugeng Rawuh nantinya akan memonitor dan memberikan peringatan apabila waktu berkunjung wisatawan akan habis. Selain itu, aplikasi ini juga sebagai alat penghitung otomatis jumlah pengunjung di kawasan tersebut.

Baca juga: Libur Akhir Pekan Kawasan Malioboro Yogyakarta Ramai

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelola Kawasan Cagar Budaya (UPT PKCB) Jogja, Ekwanto, mengatakan Malioboro berbeda dengan destinasi wisata lain. Malioboro memiliki 17 pintu masuk yang bisa diakses wisatawan, sedangkan destinasi wisata lain hanya satu pintu masuk. Kondisi itu pun membuat penjagaan di Malioboro membutuhkan sumber daya manusia yang banyak.

Meski demikian, aplikasi Sugeng Rawuh ini belum bisa beroperasi. “[Rekayasa pembatasan yang sudah kami simulasikan] belum bisa kami implementasikan di lapangan. Aplikasi Sugeng Rawuh belum bisa diimplementasikan karena menunggu arahan dan sinkronisasi dengan aplikasi PeduliLindungi,” kata Ekwanto, Selasa (26/10).

Sinkronisasi ini agar tidak terlalu banyak aplikasi bagi pengunjung yang hendak ke Malioboro. “Masih perlu penggodokan, sehingga tidak banyak sistem di Malioboro. Menghindari keluhan masyarakat agar tidak terlalu banyak aplikasi di Malioboro,” kata Ekwanto.

Selain pengaturan di area Malioboro, rekayasa sudah berlangsung sejak wisatawan masuk Jogja, khususnya yang menggunakan bus pariwisata. Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan semua bus pariwisata yang hendak masuk Jogja harus melewati Terminal Giwangan untuk pemeriksaan kartu vaksin.

Baca juga:Perampokan Sleman : Mobil Korban untuk Jalan-jalan di Malioboro, Uang untuk Foya-foya

Apabila semua penumpang bisa menunjukan bukti vaksin minimal dosis pertama, maka bus pariwisata bisa masuk Jogja dan diberi stiker berisi lokasi untuk parkir. Uji coba sistem ini telah berlangsung akhir pekan lalu dan tergolong lancar.

“Jadi, kebijakan ini rencananya tidak hanya akan dilakukan saat akhir pekan saja, tetapi setiap hari. Tapi saat ini kami sedang mengevaluasi bagaimana penerapan pada akhir pekan lalu berdasarkan data-data yang masuk,” kata Heroe.

 



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Ketegangan di Timur Tengah Diperkirakan Berdampak pada Pasar Keuangan Global

Ketegangan di Timur Tengah Diperkirakan Berdampak pada Pasar Keuangan Global
author
Newswire , 
Anik Sulistyawati Sabtu, 20 April 2024 - 06:54 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI).(Istimewa/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Tensi politik yang memanas dan berkepanjangan di kawasan Timur Tengah dapat menimbulkan efek domino ke pasar keuangan di tingkat global.

Ia menjelaskan, para pelaku pasar dikhawatirkan akan cenderung ‘cash out’ dan mengalihkan dananya ke instrumen investasi yang lebih aman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dengan adanya konflik yang akan menimbulkan efek domino, dikhawatirkan investor akan cenderung ‘cash out’ dan mengalihkan ke instrumen yang cenderung aman,” ujar Senior Analyst MNC Sekuritas Herditya Wicaksana alias Didit di Jakarta, Jumat (19/4/2024) seperti dilansir Antaranews.

Dengan adanya konflik, lanjutnya, akan menimbulkan kenaikan harga komoditas terutama minyak mentah, kemudian, akan menimbulkan efek inflasi baik di negara berkembang ataupun negara maju.

Koran Solopos

Dengan tingginya tingkat inflasi khususnya di Amerika Serikat (AS), lanjutnya, akan menurunkan probabilitas The Federal Reserve (The Fed) untuk menurunkan tingkat suku bunga acuannya yang tentunya akan berpengaruh terhadap kebijakan bank sentral lainnya.

“Dengan tingginya inflasi khususnya di AS, maka akan menurunkan probabilitas The Fed untuk cut rate dan akan berpengaruh ke kebijakan bank sentral lainnya,” ujar Didit.

Dalam kesempatan ini, ia merekomendasikan pelaku pasar untuk mencermati perusahaan atau saham yang berkorelasi dengan komoditas di tengah peningkatan tensi politik di kawasan Timur Tengah.

Emagazine Solopos

“Pelaku pasar dapat mencermati emiten- emiten yang berkorelasi dengan komoditas dan dapat melakukan Buy on Weakness (BoW) terhadap emiten- emiten dengan fundamental dan kinerja yang baik,” ujar Didit.

Pasar saham Indonesia dan kawasan Asia bergerak melemah cukup signifikan pada perdagangan hari ini, Jumat (19/04) merespons peningkatan tensi politik yang sedang terjadi di kawasan Timur Tengah.

IHSG Melemah

Sementara itu,  Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (19/4/2024) sore ditutup melemah mengikuti pelemahan bursa saham kawasan Asia dan global.

Interaktif Solopos

IHSG ditutup melemah 79,49 poin atau 1,11 persen ke posisi 7.087,31. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 turun 15,20 poin atau 1,62 persen ke posisi 920,31.

“Di posisi terlemah terdapat sektor teknologi yang minus 2,79 persen. Nilai transaksi yang terjadi pada perdagangan hari ini sebesar Rp13,78 triliun dan dalam sepekan ini IHSG mengalami pelemahan sebesar minus 1,11 persen,” sebut Tim Riset Pilarmas Investindo Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Jumat.

Bursa saham Indonesia dan kawasan Asia bergerak melemah cukup signifikan pada perdagangan hari ini Jumat (19/04), merespons adanya peningkatan tensi politik yang sedang terjadi di kawasan Timur Tengah.



Berdasarkan Indeks Sektoral IDX-IC, satu sektor meningkat yaitu sektor kesehatan sebesar 1,10 persen. Sedangkan sepuluh sektor terkoreksi yaitu dipimpin sektor teknologi yang minus 2,78 persen, diikuti sektor transportasi & logistik dan sektor barang konsumen non primer yang masing-masing turun sebesar 2,46 persen dan 1,78 persen.

Saham-saham yang mengalami penguatan terbesar yaitu PEGE, MHKI, ISAP, HELI dan FWCT. Sedangkan saham-saham yang mengalami pelemahan terbesar yakni SBMA, ATLA, KOKA, WIFI, dan SSIA.

Frekuensi perdagangan saham tercatat sebanyak 1.212.001 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 18,92 miliar lembar saham senilai Rp13,78 triliun. Sebanyak 115 saham naik, 456 saham menurun, dan 204 tidak bergerak nilainya.

Bursa saham regional Asia Jumat sore antara lain, indeks Nikkei melemah 1.011,30 poin atau 2,66 persen ke 37.068,39, indeks Hang Seng melemah 161,72 poin atau 0,99 persen ke 16.224,13, indeks Shanghai melemah 8,95 poin atau 0,29 persen ke 3.065,26, dan indeks Strait Times melemah 11,14 poin atau 0,35 persen ke 3.176,51.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Pertamina Tegaskan Tak Ada Ketergantungan BBM Indonesia dari Timur Tengah

Pertamina Tegaskan Tak Ada Ketergantungan BBM Indonesia dari Timur Tengah
author
Newswire , 
Anik Sulistyawati Sabtu, 20 April 2024 - 06:38 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi SPBU PT Pertamina (Persero). (Solopos.com).

Solopos.com, JAKARTA – PT Pertamina Patra Niaga menyatakan untuk saat ini relatif tidak ada ketergantungan dengan bahan bakar minyak (BBM) dari Timur Tengah.

Hal itu ditegaskan ketika dikonfirmasi terkait adanya potensi gangguan suplai atau ketersediaan BBM menyusul meningkatnya konflik di Timur Tengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saat ini relatif tidak ada ketergantungan BBM dari Timur Tengah,” ujar Manager Media and Stakeholder Management PT Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari ketika ditemui di Kantor BPH Migas, Jakarta, Jumat (19/4/2024) seperti dilansir Antaranews.

Heppy mengatakan suplai BBM terus dijaga di level 20 hari dan telah diamankan dari produksi kilang dan kargo dari kawasan Asia.

Koran Solopos

“Pertamina Patra Niaga mengatur stok BBM di level yang optimum untuk mengantisipasi potensi disrupsi suplai,” kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Heppy menegaskan komitmen Pertamina untuk menjaga pasokan BBM dan LPG nasional. Selain itu, Pertamina juga berkomitmen untuk menyalurkan LPG dan BBM sesuai kebutuhan masyarakat guna mendukung kegiatan ekonomi dan konsumsi dalam negeri.

“Terkait harga BBM dan LPG, Pertamina Patra Niaga juga berkomitmen mendukung kebijakan dan upaya pemerintah menjaga perekonomian nasional lebih stabil dan kondusif,” kata Heppy.

Emagazine Solopos

Terkait risiko kenaikan biaya akibat pelemahan nilai tukar, Pertamina melakukan sejumlah mitigasi seperti “hedging” nilai valuta asing, efisiensi biaya distribusi serta mencari sumber LPG dan BBM yang paling optimum.

“Dinamika harga yang fluktuatif ini telah dimitigasi agar tidak mengganggu operasional perusahaan,” kata Heppy.

Pada Sabtu malam (13/4/2024) lalu, Korps Garda Revolusi Islam Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal ke Israel dalam serangan langsung pertamanya di wilayah Israel.

Interaktif Solopos

Serangan itu terjadi sebagai respons atas serangan udara mematikan Israel terhadap konsulat Iran di ibu kota Suriah pada awal April.

Pada Jumat (19/4/2024), Israel melancarkan serangan udara terhadap Iran sebagai tanggapan atas serangan rudal dan drone Teheran pada akhir pekan, menurut laporan sejumlah media Iran.

Ledakan tersebut dilaporkan terjadi di dekat Kota Isfahan. Sistem pertahanan udara Iran merespons serangan sejumlah drone yang dilakukan di sejumlah provinsi di negara tersebut.



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (20/4/2024): Banyak Film Keren Tayang di Weekend

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (20/4/2024): Banyak Film Keren Tayang di Weekend
author
Nugroho Meidinata Sabtu, 20 April 2024 - 06:35 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak nonton bioskop. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Jadwal bioskop XXI pada hari ini Sabtu, 20 April 2024, terutama di Kota Solo, Jawa Tengah, banyak menghadirkan film-film keren yang wajib ditonton.

Di April 2024, terdapat film-film keren yang bisa ditonton masyarakat. Apalagi menonton film di bioskop masih menjadi sarana hiburan yang asyik dilakukan bersama keluarga, teman, sahabat, maupun orang terkasih.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk hari ini, tidak ada film baru yang tayang. Namun, masih ada film keren dan apik lainnya yang wajib ditonton, seperti Yolo, Dua Hati Biru, Siksa Kubur, Badarawuhi di Desa Penari, Godzilla X Kong: The New Empire, The First Omen, dan Kung Fu Panda 4.

Nah, berikut ini terdapat jadwal lengkap bioskop XXI di Solo pada hari ini Sabtu, 20 April 2024 yang menyajikan film-film keren.

Koran Solopos

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini 20 April 2024

1. SGM XXI

Dua Hati Biru: 12.45; 14.55; 17.05; 19.15; 21.25.
Badarawuhi di Desa Penari: 11.45; 14.10; 16.35; 17.35; 19.00; 20.00; 21.25.
Siksa Kubur: 11.55; 12.55; 14.15; 15.15; 16.35; 18.55; 21.15.

2. Solo Paragon XXI

Yolo: 13.40; 16.05.
Dua Hati Biru:
12.10; 14.20; 16.30; 18.40; 20.50.
Badarawuhi di Desa Penari: 11.45; 14.10; 16.35; 19.00; 21.25.
Siksa Kubur: 11.55; 12.50; 14.15; 15.10; 16.35; 17.30; 18.30; 19.50; 20.50.
Godzilla X Kong: The New Empire: 18.55; 21.05.

3. Solo Square XXI

Dua Hati Biru: 12.45; 14.55; 17.05; 19.15; 21.25.
Badarawuhi di Desa Penari:
11.45; 13.10; 14.10; 15.35; 16.35; 19.00; 21.25.
Siksa Kubur: 11.55; 14.15; 16.35; 18.00; 18.55; 20.20; 21.15.

Emagazine Solopos

4. The Park XXI

Dua Hati Biru: 12.45; 14.55; 17.05; 19.15; 21.25.
Badarawuhi di Desa Penari: 11.45; 13.10; 14.10; 15.35; 16.35; 19.00; 21.25.
Siksa Kubur: 11.55; 14.15; 16.35; 18.00; 18.55; 20.20; 21.15.
The First Omen: 14.15; 18.40.
Godzilla X Kong: The New Empire: 12.05; 16.30; 20.55.

Sementara itu, untuk jadwal bioskop XXI di kota lainnya pada hari ini Sabtu, 20 April 2024, kamu bisa klik di sini.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories