SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Aplikasi smartphone Whatsapp memiliki cara tersendiri agar pengguna tak terlihat atau bersembunyi.

Solopos.com, SOLO — Sangat mudah bagi pengguna Google untuk sembunyi di GTalk, namun tak mudah bagi pengguna aplikasi smartphone Whatsapp untuk menjadi tak terlihat di layanan chat terpopuler di dunia itu.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Kendati demikian, ada beberapa cara agar hidup pengguna aplikasi smartphone Whatsapp lebih tenang dengan bersembunyi. Berikut cara bersembunyi dan mengatur privasi di Whatsapp dilansir Okezone dari TechWorm, Rabu (3/2/2016).

Sembunyikan Last Seen

Dengan mematikan atau menyembunyikan fitur last seen, Anda bisa lari dari keharusan membalas cepat pesan-pesan yang masuk ke Whatsapp. Yang perlu Anda lakukan adalah membuka Setting> Privacy> pilih audience yang bisa melihat last seen Anda, baik semua orang, hanya orang dalam kontak atau tak seorang pun.

Sembunyikan Foto

Anda tak senang orang tak dikenal mengetahui wajah Anda? Anda bisa menyembunyikan foto profil dengan cara menyetelnya di Setting> Privacy> pilih audience yang diinginkan.

Sembunyikan Status

Anda juga bisa menyebunyikan status yang Anda tulis sehingga orang lain tidak tahu apakah Anda masih aktif menggunakan Whatsapp atau tidak. Caranya buka Setting> Privacy> Status dan atur audience Anda kembali.

Tanpa Centang Biru

Centang biru menandakan pesan yang Anda kirim sudah dibaca oleh penerima. Dengan kata lain apabila Anda online, Anda seharusnya bisa segera membalas pesan yang masuk ke Whatsapp Anda. Apabila Anda belum siap dengan respons atau jawaban, Anda bisa mengakali centang biru tersebut.

Untuk menghilangkan tanda tersebut, Anda bisa kembali membuka Setting> Privacy> dan mengganti read receipt. Yang perlu Anda ingat, Anda juga tidak akan tahu pesan Anda sudah terbaca atau belum jika Anda menon-aktifkan fitur read receipt.

Snooze atau Pause Whatsapp

Fitur yang satu ini hanya bisa dijajal oleh pengguna Android. Apabila Anda sedang tak ingin diganggu dengan pesan-pesan yang masuk ke Whatsapp, Anda bisa menghentikannya dengan pergi ke Settings > Apps > WhatsApp > Force Stop.

Aplikasi akan membeku karena Anda telah menghentikan Whatsapp untuk bekerja meski Anda masih memiliki paket data. Aplikasi Whatsapp akan kembali bekerja apabila Anda membuka aplikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya