SOLOPOS.COM - Pengumuman Gojek hadir di Solo. (Twitter.com)

Aplikasi smartphone ojek online Gojek tidak dilengkapi bahasa Indonesia.

Solopos.com, SOLO — Meski diklaim sebagai buatan anak bangsa, aplikasi ponsel pintar (smartphone) untuk ojek online Gojek ternyata belum sepenuhnya ramah Indonesia. Hal itu dapat dilihat dari penggunaan bahasanya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Sabtu (28/5/52016), semua menu pada aplikasi besutan PT Go-Jek Indonesia itu menggunakan bahasa Inggris. Ketika masuk ke menu Settings pun tidak dijumpai adanya setelan untuk mengganti ke bahasa Indonesia.

Bukan hanya pada aplikasinya, deskripsi Gojek yang ditulis di Playstore untuk smartphone Android dan di App Store Itunes untuk Ios pun seluruhnya juga menggunakan bahasa Inggris. Padahal aplikasi transportasi online pesaingnya, Grab yang merupakan buatan Grabtaxi Holdings Singapura sudah menawarkan bahasa Indonesia sebagai setelan bawaan. Pun aplikasi Uber yang pengembangnya berasal dari California, Amerika Serikat.

Keluhan terkait tidak adanya pilihan bahasa Indonesia pada aplikasi Gojek juga disuarakan beberapa pengguna Internet (netizen) lewat Twitter. Berikut ini sejumlah kicauan yang berhasil dihimpun Solopos.com.

“Gojek itu pelanggannya bule semua apa? Dari deskripsi di playstore sampe verifikasi akun semuanya bahasa inggris, nggak ngehargain gue nih,” kicau @Syaheel.
“Malam min @Gojekindonesia aplikasi gojek kok tidak ada bahasa indonesia… krn saya kurang paham bahasa inggris,” keluh @Zydahsyahputra.
“Bang ni artinya paan sih? Mana ngerti bahasa Inggris gue. #Gojek,” kicau @Pdewangga pada foto yang menunjukkan menu Feedback Customer.
Diberitakan sebelumnya, ojek online Gojek kini juga tersedia di Kota Solo, Malang, dan Samarinda. Tiga layanan yang sudah dapat diakses adalah Go-Ride (layanan transportasi roda dua), Go-Mart (layanan belanja), dan Go-Send (layanan kurir jarak dekat).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya