SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI — Api yang membakar lahan di di lereng Gunung Merbabu, tepatnya di Dusun Tritis, Desa Lencoh, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (7/9/2019), berhasil dipadamkan.

Anggota Tim Siaga Desa (TSD) Lencoh, Sutono, menyebutkan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 15.30 WIB. Dia juga membenarkan titik api berada di atas Dukuh Tritis, Desa Lencoh, Selo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Alhamdulillah sudah bisa dikendalikan beserta titik apinya oleh tim TNGM [Taman Nasional Gunung Merbabu], TSD Lencoh, TSD Samiran, dan relawan,” kata Sutono ketika dihubungi , Sabtu sore.

Dia menjelaskan kebakaran terjadi di area semak belukar seluas kira-kira 2 hektare namun tidak sampai menyentuh kawasan taman nasional. Namun area yang terbakar tersebut merupakan kawasan penyangga hutan.

Sutono menambahkan hingga sore tercatat dua kali kebakaran lereng Merbabu terjadi di Lencoh. Kebakaran pertama terjadi sekitar pukul 10.00 WIB di tempat yang berdekatan dengan kebakaran kedua yang terjadi pada siang harinya.

Hanya saja kebakaran pertama lebih kecil namun telah menghanguskan 200 m2 lahan semak belukar.

“Kebakaran pertama langsung dipadamkan warga karena lokasinya yang tidak jauh dari lahan garapan,” imbuh dia.

Disinggung mengenai penyebab kebakaran, Sutono tidak mengetahuinya secara pasti. Tapi  beberapa hari belakangan angin di Desa Lencoh bertiup kencang ditambah hujan yang lama tidak turun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya