SOLOPOS.COM - Ilustrasi membersihkan kompor gas. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Api kompor gas yang tidak merata menjadi salah satu masalah yang cukup mengganggu khususnya para ibu.

Api kompor yang tidak merata memang bisa menjadi masalah saat memasak, bahkan bisa menimbulkan risiko bila tidak ditangani dengan baik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab api kompor tidak merata, salah satunya adalah usia kompor dan intensitas penggunaan. Lantas bagaimana cara mengatasinya. Berikut cara mengatasi api kompor tidak merata sebagaimana dikutip dari laman Rinnai, Sabtu (6/11/2021).

Membersihkan Kuningan Burner

Salah satu indikasi masalah api kompor tidak merata bisa disebabkan oleh kuningan burner yang kotor atau tersumbat sisa pembakaran. Hal tersebut membuat nyalanya seimbang atau hanya sebagian saja. Adapun cara membersihkan komponen tersebut yakni sebagai berikut.

Baca Juga: Cara Menghemat Elpiji agar Tahan Lama meski Sering Dipakai

– Ambil burner dari kompor Anda kemudian sisihkan dan masukkan ke dalam wadah tak terpakai.

– Tuangkan cairan pembersih lantai secukupnya atau sekitar 100 ml. Lalu, tambahkan air bersih sekitar 400 ml.

– Pastikan kedua cairan tercampur. Kemudian diamkan selama 2 jam.

– Sambil menunggu, bersihkan pula area cerobong kompor.

– Setelah burner direndam, keluarkan kuningan burner tanpa menyentuhnya dan bilas dengan air bersih dan cuci pakai sabun. Kemudian keringkan dan pasang kembali di kompor.

– Coba untuk menyalakan kompor dan perhatian nyala api.

Membersihkan Seluruh Komponen Kompor

Cara berikutnya untuk mengatasi api kompor tidak merata adalah dengan membersihkan seluruh komponen kompor dengan air dan sabun. Hal ini berguna untuk menghilangkan berbagai kotoran dan lemak menempel di sekitar area tungku hingga seluruh bagian. Langkah-langkahnya yakni sebagai berikut.

Baca Juga: Kompor Gas Tidak Menyala, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

– Lepaskan selang dari tabung gas untuk mencegah resiko kebakaran. Kemudian lepaskan satu per satu dimulai dari tungku, tatakan panci dan lain-lain.

– Lepaskan pula bagian yang berpengait dengan bantuan obeng. Kemudian cuci seluruh rangkaian dengan air dan sabun.

– Gunakan bantuan sikat atau kawat pencuci piring. Gosokkan perlahan lalu bilas dengan air hingga bersih. Tiriskan komponen-komponen kompor atau keringkan. Lalu pasang kembali masing-masing bagian tersebut.

– Nyalakan kompor untuk melihat hasilnya.

Mengganti dengan Burner Baru

Api kompor tidak merata bisa juga disebabkan kuningan burner Anda sudah aus atau rusak. Maka sudah waktunya pengguna mengganti dengan perangkat baru. Adapun komponen terpisah ini banyak dijual pada toko alat rumah tangga. Maupun marketplace dan penyedia online.

Baca Juga: Gencarkan Migrasi Kompor Gas ke Kompor Induksi, PLN Gandeng 10 BUMN

Akan tetapi penting untuk memahami lebih dulu jenis kompor dan ukuran kuningan agar Anda membeli komponen yang sesuai. Hal ini disebabkan masing-masing tungku memiliki jenis serta diameter perangkat burner berbeda. Setelah itu pasanglah lalu perhatikan kondisi nyala api.

Api kompor yang tidak merata ini harus menjadi perhatian karena bisa saja masakan matang tidak merata dan kompor dapat mati dengan sendirinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya