SOLOPOS.COM - Para Biksu Sangha dan rohaniawan, majelis-majelis Agama Budha dan LKBI melakukan pengambilan Api Dharma Tri Suci Waisak di sumber Api Abadi Mrapen, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu (14/5/2022). (Istimewa)

Solopos.com, PURWODADI – Pengambilan Api Dharma Tri Suci Waisak dilakukan di Api Abadi Mrapen, Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu (14/5/2022).

Upacara pengambilan api dalam rangka Hari Raya Waisak  2566 BE dilakukan oleh puluhan Biksu Sangha yang dipimpin Y. M. Biksu Samantha Kusala Mahasthavira (suhu Pushan).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Para Biksu Sangha dan Rohaniawan, majelis-majelis Agama Budha dan LKBI bergantian melakukan Puja Bhakti Penyakralan Api Dharma di depan Api Abadi Mrapen, Desa Manggarmas, Kecamatan Godong.

Selanjutnya Api Dharma diberangkatkan dari Mrapen Kabupaten Grobogan ke Candi Mendut untuk disakralkan di candi tersebut setelah itu dibawa ke Candi Borobudur. Ini merupakan rangkaian ritual Tri Suci Waisak ke 2566 BE tahun 2022.

Ekspedisi Mudik 2024

“Pengambilan api sebagai simbol kehidupan dalam keabadian. Walubi berupaya menjadikan kebersmaman dan kerukunan hidup umat beragama dilandasi cinta kasih sayang, welas asih yang bersifat universal,” kata Koordinator Bidang Sosial dan Hukum DPP Walubi Esther Setiawati Santoso, sebelum pengambilan api, Sabtu (14/5).

Baca juga: Ribuan Nelayan Unjuk Rasa di Kantor DPRD Pati, Ini Tuntutannya

Bagi umat Buddha, lanjutnya pengambilan Api Dharma menjadi simbol harapan umat. Api Dharma dibawa ke Candi Mendut dan Candi Borobudur agar tetap bersinar dalam cahaya kehidupan Sang Budha.

Menurut Esther, sebagai symbol kehidupan bersama Sang Budha maka pengambilan Api Dharma selalu dilakukan di sumber Api Abadi Mrapen yang sumbernya abadi.

Selain ritual pengambilan Api Dharma Tri Suci Waisak, Walubi DPD Jawa Tengah dengan seluruh biksu dan biksuni menggelar acara bakti sosial. Mereka membagikan 100 paket sembako kepada warga di sekitar Api Abadi Mrapen.

“Umat yang hadir di Mrapen dari Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Kabupaten Grobogan, dan Magelang. Tapi nanti seluruh umat Buddha akan berkumpul di Candi Borobudur,” ujar perwakilan DPP Walubi Suprinoto kepada wartawan.

Baca juga: Seorang Petani di Grobogan Meninggal Tenggelam di Embung

Upacara Hari Raya Waisak yang jatuh pada Senin (16/5/2022), rencananya akan dihadiri oleh Wakil Presiden, Ma’ruf Amin dan Kementerian Agama maupun Kementerian Pariwisata.

“Puncak Hari Raya Waisak akan dihadiri pejabat Kementerian dan juga Wakil Presiden. Digelar sejak pagi hingga malam, umat menggelar doa bersama,” jelasnya.

Selain pengambilan Api Dharma, dilakukan juga pengambilan air berkah yang juga disemayamkan di Candi Mendut dan disakralkan oleh para biksu, rohaniwan, LKBI, dan majelis-majelis Agama Budha.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya