SOLOPOS.COM - Menpora Zainudin Amali saat menyampaikan opening speech, Sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Kemenpora bersama PWI Pusat secara virtual, Rabu (1/9/2021). (Solopos.com-Kemenpora)

Solopos.com, SOLO—Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali memimpin Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Persiapan ASEAN Para Games (APG) ke-11 Solo 2022 di The Sunan Hotel,  Kota Solo, Senin (18/7/2022) malam. Menpora menargetkan Indonesia menjadi juara umum APG 2022.

Dalam Rakornis itu dihadiri oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai pelaksana, Ketua NPC Indonesia Senny Marbun dan Chief de Mission (CDM) Andi Herman sebagai penanggung jawab prestasi serta berbagai unsur terkait.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Rakor malam ini hanya mengecek saja mana yang belum dan untuk persiapan acara pembukaan, penutupan kemudian pengambilan api. Kalau yang lain-lain teman-teman kan sudah dari pagi sudah mengikuti, tidak perlu dijelaskan lagi. Dari segi pelaksanaan Mas Wali sudah menyampaikan paparan dan semua sudah siap,” kata dia.

Baca Juga: Pembukaan APG 2022 di Stadion Manahan, Gibran Pastikan Rumput Aman

Menpora mengatakan ada tambahan dari CDM mempresentasikan tentang situasi kontingen, secara khusus Indonesia dan 11 negara lain yang nanti akan datang dan menjadi lawan tanding Indonesia. Dengan laporan dari panitia, CDM, NPC  Menpora optimistis bisa menjadi penyelenggara yang baik, prestasinya bagus, administrasinya tertata dengan baik, dan dampak ekonomi bagi daerah akan banyak.

Di sisi lain, Zainudin Amali menargetkan Indonesia menjadi juara umum serta sukses menggelar APG. Zainudin mengatakan cabang olahraga atletik berpotensi menyumbang banyak medali emas. Terlebih, tuan rumah diuntungkan dengan latihan di venue untuk pertandingan APG 2022.

Menpora memastikan semua venue APG sudah siap digunakan meskipun menjadi tuan rumah yang mendadak. Kota Solo sudah pernah menjadi tuan rumah kejuaraan APG sehingga sudah terbiasa dengan kompetisi internasional tersebut.

Baca Juga: Resmi, Ini Venue ASEAN Para Games (APG) 2022 di Solo

“Saya berterima kasih kepada Mas Wali Kota Solo serta jajaran Pemerintah Kota Solo luar biasa dalam waktu singkat mempersiapkan ini semua. Kami optimis, pemerintah pusat, Bapak Presiden berharap pelaksanaan di Solo yang kedua kalinya bisa sukses,” paparnya.

Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC), Gibran Rakabuming Raka untuk venue dan atlet APG sudah siap. Untuk fokus saat ini adalah melatih para volunteer dan persiapan torch relay. Dia menyampaikan bahwa rakornis itu membahas kekurangan-kekurangan yang perlu dibenahi.

“Kita juga persiapan opening seremonial dan penyambutan kedatangan atlet dan official. Semua sudah kita siapkan, doanya semoga lancar,” pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya