SOLOPOS.COM - Pebulu tangkis Indonesia Lia Priyanti (kiri) berteriak seusai berhasil mengalahkan pebulu tangkis Thailand Srinavakul Chanida pada final round robin 5 tunggal putri SL4 ASEAN Para Games 2022 di Edutorium UMS, Solo, Jawa Tengah, Jumat (5/8/2022). Lia Priyanti menang dengan skor 2-0 (22-20, 21-19). (Antara/Mohammad Ayudha)

Solopos.com, SOLO – Tim parabulu tangkis Indonesia berhasil menutup perjuangan di ASEAN Para Games (APG) 2022 dengan catatan impresif. Skuad Merah Putih keluar sebagai juara dengan torehan medali emas jauh melampaui target.

Sebelumnya, tim para bulu tangkis Indonesia ditargetkan untuk meraih enam medali emas, empat perak, dan empat perunggu di ASEAN Para Games 2022.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun, Fredy Setiawan dan kawan-kawan secara luar biasa mampu membukukan 13 emas, sembilan perak, dan sembilan perunggu dari total 19 nomor yang dipertandingkan di Edutorium UMS , Solo.

Pencapaian ini jelas disyukuri oleh Yunita Ambar Wulandari selaku pelatih para bulu tangkis Indonesia.

“Para bulu tangkis yang targetnya enam medali emas kini jadi 13 medali emas. Ini pencapaian kami yang sangat luar biasa dan sangat lebih dari apa yang kami harapkan,” ujar Ambar.

Baca Juga: Kejutan! Kamboja Singkirkan Australia dari Piala AFF U-16 2022

Dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, mulai dari pemerintah, NPC Indonesia, hingga suporter yang sudah mendukung hingga dapat berprestasi maksimal.

“Semoga ke depannya kami bisa lebih berprestasi dan lebih didukung lagi. Setelah ini ada Thailand Open dan Indonesia Open di Jogja,” kata dia.

Tim parabulu tangkis Indonesia memang sangat dominan dalam ASEAN Para Games 2022. Thailand yang jadi negara terbaik kedua dalam cabor ini hanya kebagian tiga emas, delapan perak, dan sembilan perunggu.

Baca Juga: Prediksi Persikabo Vs Persis Solo, Susunan Pemain, dan Siaran Langsung

Kontingen Negeri Gajah Putih bersaing ketat dengan Malaysia yang berada di peringkat tiga dalam klasemen perolehan medali cabor para bulu tangkis.

Malaysia sejatinya juga berhasil mengamankan tiga medali emas. Namun, skuad Negeri Jiran hanya mendapat satu perak dan tiga perunggu.

Berikut sebaran perolehan medali ASEAN Paragames 2022 dari cabor parabulu tangkis:

  1. Indonesia: 13 emas, 9 perak, 9 perunggu
  2. Thailand: 3 emas, 8 perak, 9 perunggu
  3. Malaysia: 3 emas, 1 perak, 3 perunggu
  4. Filipina: 1 perak
  5. Vietnam: 3 perunggu

Kontingen Brunei Darussalam, Kamboja, dan Singapura yang juga mengikuti kompetisi cabor parabulu tangkis ASEAN Para Games 2022 sama sekali tak mendapat medali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya